In a place where there is a will, there is a road
(Jika Anda bersungguh- sungguh ingin meraih sesuatu,
maka Anda akan berusaha maksimal untuk meraihnya).
Peribahasa Korea
Korea adalah negara berkembang di Asia yang paling maju. Pengaruh Korea ibarat gelombang tsunami yang menyapu seluruh pelosok dunia, mulai dari budaya, bahasa, musik, artis, film, lagu, makanan, dan aneka contoh lainnya. Di Korea, Anda bisa menikmati berbagai jenis makanan, mengunjungi tempat eksotis, mendaki gunung, bermeditasi di kuil suci, dan mengalami berbagai pengalaman baru yang berkesan.
Hati- hati saat membaca buku ini sebab Anda akan dibuat jatuh hati pada Korea. Apalagi, sang penulis, Li Shi Guang sudah berpengalaman menulis 25 buku lebih. Anda akan selesai membaca buku ini dalam waktu singkat, karena kemampuannya mengolah aksara menjadi makna.
Ada tiga menu inti yang disajikan oleh sang penulis dalam buku ini, yaitu: sejarah Korea, resep sukses (etos) bangsa Korea, dan kisah sukses tokoh serta perusahaan besar Korea. Di bagian penutup, penulis menambahkan rahasia mendapatkan program beasiswa dan bekerja di Korea Selatan.
Dengan membaca 150 halaman isi buku ini, Anda akan jatuh hati pada Korea. Yang lebih hebat lagi, rahasia sukses berbasis karakter yang dibagikan dalam buku ini akan membuat Anda bertransformasi menjadi pribadi unggul yang lebih antusias!
Tingkat kecerdasan warga Korea secara nasional merupakan yang tertinggi di dunia. Demikian pula dengan anak- anak Korea yang menduduki peringkat teratas dalam kemampuan matematika, sains, membaca, dan penyelesaian masalah dalam peringkat OECD (Organization for Economic Cooperation and Development).
Keunggulan utama buku ini terletak pada gaya bahasa yang mengalir sehingga tanpa sadar Anda sudah membaca setengah dari isi buku ini. Selain itu, ukuran tulisan yang besar membuat mata Anda dijamin segar, jauh dari lelah, meski membaca dari awal hingga selesai. Jadi ibarat makan Kimchi atau Dim Sum, porsi yang disajikan oleh penulis pas dengan kebutuhan Anda. Buku ini bacaan wajib bagi semua eksekutif yang bekerja dengan perusahaan Korea, pelajar yang ingin studi ke Korea, atau penggemar budaya Korea.
Sambil bersantai, Anda dengan mudah selesai membaca 14 bab dan kisah tokoh dan perusahaan Korea yang mendunia dalam buku ini. Bab 5 akan membuka kesadaran Anda tentang rahasia sesungguhnya dari kesuksesan bangsa Korea. Korea merdeka hampir bersamaan dengan Indonesia, namun rerata penghasilan per kapita mereka tahun 2012 (Rp 255 juta per tahun) lima kali lipat melampaui Indonesia (Rp 56 juta per tahun). Apa rahasianya?
Warga Korea mencintai negeri mereka. Hal ini terlihat dari tingginya penghargaan terhadap produk dalam negeri. Merek- merek Korea, seperti Samsung, LG, Hyundai, KIA, selalu mendominasi berbagai iklan, pagelaran musik, film Korea. Mereka sangat bangga terhadap produk dalam negeri sendiri. Apresiasi terhadap bangsa dan budaya sendiri menghantar Korea menjadi salah satu bangsa yang paling maju di dunia.
Memahami Korea membuat kita berusaha menjadi manusia pembelajar yang lebih tekun dan kreatif. Berkaca pada pola pembangunan sumber daya manusia dan etos bangsa Korea, kita terpacu untuk membangun negeri sendiri. Korea telah menjadi salah satu trendsetter dunia. Korea juga mengimpor berbagai produk budaya ke seluruh penjuru dunia: fashion, musik, film, dan kebudayaan. Inilah bentuk soft power Korea yang mendunia.
Tidak diragukan lagi, Korean.Ology adalah buku yang paling pas Anda berikan kepada sahabat, pasangan, anak, dan rekan kerja Anda. Nilai- nilai pembelajaran yang terkandung dalam buku ini melampaui batas ruang dan waktu: akan selalu bermanfaat bagi insan pembelajar. Selamat membaca dan selamat sukses mendunia!
Judul : Korean.Ology
Resep Sukses Mendunia ala Korea
Penulis : Li Shi Guang
Penerbit : Penerbit Andy
Tebal : xiv, 150 hal
Kategori : Motivasi & Inspirasi
Terbit : 2013
ISBN : 978-979-2940824
Peresensi : Henri Lois
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H