Lihat ke Halaman Asli

Tri Lokon

TERVERIFIKASI

Karyawan Swasta

Kereta Api "New Generation" Luxury Memang Beda

Diperbarui: 24 Oktober 2024   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kereta Luxury (Dokumen Pribadi)

Kereta Api Indonesia (KAI) sekarang ini sedang mengenakan "baju baru" yang dikemas dalam istilah "New Generation". Karena itu, tak heran KAI melakukan perubahan dan perbaikan mulai dari bagian ekterior, interior dan pelayanan di dalam kereta maupun pelayanan pemesanan secara digital.

 "Sebut saja Kereta Ekonomi dan Eksekutif New Generation yang lebih nyaman, Kereta Panoramic yang ciamik, Kereta Compartment Suite Class dan Luxury dengan fasilitas mewah, serta mempercepat waktu tempuh dan memperpanjang rute perjalanan kereta api" saya kutip dari Kompasiana dalam pengantar Topik Pilihan.

Pengalaman naik Kereta Luxury jurusan Gambir - Malang pada saat liburan sekolah tiba, meyakinkan saya bahwa memang "baju baru" yang dipakai oleh KAI membuat saya mungkin juga penumpang lain menjadi penasaran hingga tertarik untuk mencobanya.

Bagi saya, perantau di luar Jawa, KAI adalah moda transportasi yang bukan hanya mempermudah perjalanan mudik saya hingga sampai tujuan. Tetapi, KAI menawarkan diri menjadi pilihan terbaik sebagai moda transportasi bagi saya yang menyukai traveling atau wisata.

Betapa tidak. Setiap kali pulang liburan, setahun dua kali liburan, saya naik pesawat dari Manado. Lalu turun di bandara Soekarno Hatta Jakarta. Setelah itu, dengan menggunakan bis, saya menuju ke Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen. Dengan kereta api, saya melanjutkan perjalanan ke arah Timur.

Mengapa saya tidak langsung saja menuju ke Semarang dengan pesawat terbang? Sebenarnya cara itu bisa saya lakukan. Tapi, saya ingin menikmati waktu liburan saya dengan naik Kereta Api dari Gambir.

Kereta Gajayana Luxury mengantar saya menuju ke Malang. Waktu itu, saya ingin berlibur ke Malang. Meski saya harus merogoh dalam kantong saya lebih dari satu juta rupiah, tetapi KAI telah memberikan kenyamanan prima selama perjalanan wisata saya.

Dengan latar belakang itulah saya memberanikan diri untuk bertanya kepada KAI. Apakah KAI bisa menjadikan kereta api sebagai moda transportasi wisata bagi masyarakat luar Jawa?

Jawabnya, tentu bisa. Kereta api Indonesia memiliki potensi besar untuk dijadikan moda transportasi wisata bagi masyarakat luar Jawa.

Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini. Semoga alasan saya sebagai perantau di luar Jawa ini didengar oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Berharap Kompasiana, menyampaikan langsung kepada Pak Didiek Hartantyo agar Kereta Api Indonesia ke depannya semakin nyaman dipakai sebagai moda transportasi bagi para perantau di luar Jawa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline