Lihat ke Halaman Asli

Julianda BM

ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Accismus: Apa, Faktor Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 13 September 2023   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: itch.io)

Accismus adalah suatu kondisi di mana seseorang berpura-pura tidak menyukai sesuatu atau seseorang padahal sebenarnya menyukainya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti rasa takut, malu, atau ketidakamanan.

Pengertian Accismus

Accismus berasal dari bahasa Yunani, yaitu "akkos" yang berarti "duri" dan "ismos" yang berarti "keadaan". Secara harfiah, accismus berarti "keadaan duri". Dalam konteks psikologi, accismus berarti "keadaan berpura-pura tidak menyukai sesuatu atau seseorang".

Secara umum, accismus dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan untuk menutupi perasaan yang sebenarnya. Tindakan ini dapat dilakukan secara sadar atau tidak sadar.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Accismus

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang untuk melakukan accismus, antara lain:

Rasa takut

Accismus dapat dilakukan untuk menghindari sesuatu yang ditakuti, seperti penolakan, kritik, atau hukuman. Misalnya, seseorang yang takut ditolak oleh teman-temannya mungkin akan berpura-pura tidak menyukai seseorang yang sebenarnya dia sukai.

Rasa malu

Accismus juga dapat dilakukan untuk menutupi rasa malu. Misalnya, seseorang yang malu mengakui bahwa dia menyukai sesuatu yang dianggap tidak populer mungkin akan berpura-pura tidak menyukainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline