Lihat ke Halaman Asli

LORASMARA SAKTI

@sakti_forever

Pengabdian dan Pembangunan Karakter Siswa SDN 03 Srigading

Diperbarui: 31 Mei 2024   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Demonstrasi experiment sains)

SDN 03 Desa Srigading terletak di Desa Srigading, lebih tepatnya di Dusun Gading, Srigading, Kecamatan Lawang. SDN 03 Srigading secara geografis terletak di daerah perbukitan, dikelilingi perhutanan pinus, pertanaman teras dan cluster perumahan kecil. Daerah ini lumayan terpencil sehingga mempengaruh terhadap kemudahan akses baik bagi peserta didik maupun tenaga kerja. 

Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta didik dengan total jumlah peserta didik berkisar 100 -- 120 siswa pertahun dan 8 total tenaga kerja pendidikan. Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan juga mayoritas peserta didik datang dari daerah lokal seperti Dusun Gading, Dusun Jeruk dan Mendek.

Peserta mahasiswa KKN MBKM MD Universitas Negeri Malang Desa Srigading memilih untuk mengabdi di SDN 03 Srigading sebagai salah satu program kerja utama. Selama pengabdian, para mahasiswa KKN berlaku sebagai tenaga kerja pendidik tambahan untuk kegiatan hari biasa. Selain itu, mahasiswa KKN juga menawarkan beberapa kegiatan yang seru, unik dan penuh ilmu pengetahuan bagi siswa siswi SDN 03 Srigading. Kegiatan-kegiatan ini antaralain movie essay, demonstrasi praktik sains, lomba pembuatan roket, dan Outbond.

Alasan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk menawarkan siswa siswi SDN 03 Srigading ilmu pengetahuan dengan pendekatan yang baru. Disebabkan akses yang cukup rumit, kegiatan harian siswa siswi cukup monoton. Kegiatan seperti movie essay, demonstrasi praktik sains, lomba pembuatan roket, dan Outbond, bertujuan untuk memberikan siswa siswi SDN 03 Srigading metode pembelajaran yang baru dan seru. 

Mahasiswa KKN UM membawa fasilitas-fasilitas pembelajaran luar kepada SDN 03 Srigading, memberikan para peserta didik disana sebuah pengalaman yang tidak terlupakan serta ilmu pengetahuan yang dapat membangun sifat karakter pancasila terhadap siswa siswi SDN 03 Srigading.

Dengan adanya program kerja Pembangunan Karakter Siswa SDN 03 Srigading, diharapkan hasil dari program kerja ini untuk dapat membantu dalam penguatan sifat karakter pancasila terhadap siswa siswi SDN 03 Srigading seperti kerjasama, tanggungjawab, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta membekalkan dengan ilmu pengetahuan yang banyak.

(movie essay)/dokpri

(Lomba Pembuatan Roket)/dokpri

(Outbond)/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline