Lihat ke Halaman Asli

Konsep dan Teori dalam Administrasi Pendidikan

Diperbarui: 19 Desember 2022   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama Penulis : Lolona O.K Tumangger

Nama Penulis Kedua : Helena Turnip M.Pd

A.Konsep dan Teori Administrasi

1.Teori Administrasi

Slamet Wijaya Atmosudarmo (1961) mengemukakan bawa pengertian administrasi dapat ditinjau dari sudut :

*Institusional, yaitu administrasi adalah keseluruhan orang atau kelompok orang-orang sebagai suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.

*Administrasi Fungsional, merupakan suatu bentuk kegiatan / tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang bersifat melihat kedepan

*Administrasi sebagai proses, yaitu keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapai tujuan tersebut. (The Liang Gie, 1983:62)

Jadi administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan roda sebuah usaha dan misi sebuah organisasi agar terlaksana, untuk mencapai suatu usaha dengan suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan untuk dicapai.

2.Hubungan Ilmu Administrasi Pendidikan dalam Ilmu Pengetahuan

Sondang P. Siagian, seorang ahli yang memberikan pendapat bahwa : membedakan karakteristik dari ilmu-ilmu eksakta mempunyai karakteristik utama yaitu, bahwa keseluruhan prinsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalilnya berlaku universal dan dapat diterapkan melalui proses adopsi, karena prisnsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalil tersebut tersebut tidak mengenal batas waktu dan tempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline