Lihat ke Halaman Asli

Lokawarta STAI Muttaqien

Lembaga Pers Mahasiswa

Hemat dan Praktis, Pola Hidup Minimalis Membuat Tenang dan Bahagia

Diperbarui: 14 Februari 2023   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Hidup minimalis tanpa disadari mampu membawa perubahan positif dalam hidup kita lohhh. Hidup minimalis itu adalah upaya kita menjalani hari dengan sederhana yang bisa menciptakan ketenangan.
Yuuu kita uraikan bersama apa yang harus dilakukan ^-^

  • Segera lihat di sekitarmu dan mulai pilih barang yang masih digunakan. Ingattt, kita hanya menyimpan barang yang dibutuhkan. Segera singkirkan barang lama yang sudah tidak memiliki fungsi, pokonya jangan sampai memenuhi ruangan. Bisa di buang atau diberikan jika masih layak.
  • Mulai merawat barang yang kita punya, jangan sampai tidak terurus. Hal ini akan membuat ruangan lebih rapi dan bersih.
  • Hanya menyimpan baju yang sering dipakai saja, sekiranya ada pakaian yang jarang digunakan lebih baik langsung diberikan kepada orang lain. Selain menjadikan lemari lebih rapi kita pun tidak akan kesulitan memilih baju jika ada kegiatan.
  • Kalau bisa uninstal aplikasi yang tidak terlalu penting.
  • Kalau ada baju baru yang masuk lemari maka harus ada juga baju lama yang keluar dari lemari (tidak cuma baju ya, untuk barang lain juga).
  • Gaya hidup minimalis sebenarnya memengaruhi kita dalam menjalani hari dan tentunya membuat otak lebih fresh, ruangan yang rapi akan mendorong kita melakukan aktivitas yang produktif. Karena biasanya ruangan yang berantakan membuat ruwet dan males ngapa-ngapain.
  • Efek dari minimalis adalah HEMAT, jadi tidak akan gampang kemakan iklan, tidak terlalu sering belanja, uangnya bisa ditabung atau untuk investasi.
  • Pada akhirnya pola hidup minimalis bisa membuat kita tenang dan bahagia, juga menghilangkan perasaan cemas.

NOTE

Minimalis bukan berarti pelit atau beli barang murah yaaa guys, konsep minimalis justru beli barang yang agak mahal dengan kualitas yang baik dengan tujuan bisa tahan lebih lama.

Rekomendasi buku : Seni Hidup Minimalis, karya Francine Jay

Penulis: Nazaiqa Ikhwannul Haq

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline