Lihat ke Halaman Asli

Lokawarta STAI Muttaqien

Lembaga Pers Mahasiswa

"Jangan Sekolah Tinggi-tinggi, Nanti Gak Ada Laki-laki yang Mau", Refleksi Buku "The Alpha Girl's Guide"

Diperbarui: 4 Februari 2023   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Saya seorang perempuan yang sedang belajar menjadi sosok terbaik untuk diri sendiri. Mari kita sedikit sharing tentang buku yang sangat luar biasa dan harus dibaca oleh semua perempuan di Indonesia khususnya!!

Berangkat dari sebuah argumen yang tidak asing kita dengar mengenai perempuan dengan pendidikan.

"NGAPAIN SI SEKOLAH TINGGI-TINGGI TOH AKHIRNYA DI DAPUR JUGA". 

Dikutip dari buku The Alpha Girl's Guide karya Henry Manampiring. Alpha Girls adalah karakter perempuan yang mendominasi, berani, mampu memimpin, memotivasi banyak orang, cerdas, disegani, ambisius, dapat mempengaruhi lingkungannya, percaya diri dan dihormati.

Di dalam buku tersebut menentang argumen di atas, Henry Manampiring menuliskan bahwa seorang perempuan harus berpendidikan tinggi sebagai bekal dalam menghadapi situasi di masa depan, mandiri, mampu menjadi back-up mencari nafkah dalam rumah tangga, dan sebagai ibu yang nantinya akan mendidik anak. Penjelasan tersebut kiranya cukup untuk menjawab ocehan banyak orang tentang anggapan seperti itu. Jika saya mendapati perkataan seperti itu, dengan gemas saya akan menjawab

"Memang ujungnya di dapur sih, cuma dapur saya akan sangat berbeda dengan dapurmu" wehehe:D

Selain itu ada juga ocehan seperti ini yang sering kita dengar

 "Jangan sekolah tinggi-tinggi nanti gak ada laki-laki yang mau".

Suatu argumen yang sangat ditentang oleh alpha girls. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada laki-laki yang merasa insecure terhadap perempuan. Di lapangan memang kebanyakan dari alpha girls akan dijauhi oleh laki-laki yang bodoh, gak bermutu dan minderan. Tapi memang pada dasarnya alpha girls tidak minat wkwk. Seseorang pernah berkata jangan menurunkan kualitas dan standar diri hanya karena untuk memenuhi ego pria yang tidak percaya diri.  

Sebenarnya perempuan Indonesia mampu meningkatkan kualitas pria di Indonesia, ketika banyak perempuan yang cerdas maka si pria akan berusaha menjadi lebih cerdas juga. Karena idealnya perempuan cerdas akan memaksa pria untuk cerdas, bukan malah pria bodoh memaksa agar perempuan tetap bodoh.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, sebagai perempuan kita harus selalu berusaha menjadi yang lebih baik, mulai dari pendidikan, aqidah, skill sampai kepada penampilan. Jadi fokuslah menata diri wahai perempuan...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline