Lihat ke Halaman Asli

Kuliah S2 Beda Jurusan? Kenapa Tidak

Diperbarui: 25 Mei 2016   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: http://news.okezone.com

Tidak jarang mahasiswa yang mengambil jurusan berbeda saat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Hal itu sangat memungkinkan, namun kamu juga perlu mempersiapkan hal tersebut dengan matang dan sesuai dengan kemampuan kamu. Karena mengambil jurusan S2 yang berbeda jauh dengan jurusan saat S1 sebenarnya tidak masalah, hanya saja dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam mengikuti topik pembelajaran. Namun hal ini kembali lagi ke dalam diri mahasiswa itu sendiri dan tanggung jawabnya akan pilihannya, agar apa yang dipilih adalah hal yang tepat.

Berikut ini tips yang bisa kamu ikuti jika ingin mengambil kuliah program magister dengan jurusan yang berbeda. Apa saja?

Benang Merah

Untuk mengambil jurusan yang berbeda dari pendidikan sebelumnya, kamu perlu mencari benang merah atau adanya keterikatan antara jurusan yang akan kamu tempuh selanjutnya dengan jurusan sebelumnya. Tidak masalah meskipun hanya sedikit benang merahnya, yang penting nantinya apa yang akan kamu pelajari nantinya bisa relevan dengan sebelumnya.

Tahu yang Akan Kamu Pelajari

Kamu juga perlu banyak mencari informasi mengenai jurusan yang akan diambil pada jenjang magistermu. Kalau bisa jurusan yang akan kamu pilih saat magister bisa sejalan dengan pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini atau yang nantinya akan menjadi pilihan kamu dalam bekerja. Dengan begitu, selain kamu bisa paham apa saja yang akan didapatkan dari pendidikanmu berikutnya, kamu juga bisa bekerja dengan kemampuan yang maksimal.

Punya Goals

Seperti yang dikutip dari Okezonetujuan kamu kembali mengenyam pendidikan juga harus didasari oleh apa yang ingin kamu capai di masa depan. Pastikan jika apa yang kamu pilih, ke depannya bisa mendukung apa yang ingin diraih.

Passion

Bagi kamu yang pernah merasakan jurusan S1 kamu tidak sesuai dengan passion kamu, maka saat kamu memutuskan untuk mengenyam pendidikan selanjutnya yaitu S2, maka mungkin di jenjang tersebut bisa menjadi kesempatanmu untuk mengambil jurusan yang sesuai. Karena itu, tentukan apa minat terbesar dalam hidupmu.

Jadi buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 namun beda jurusan? Kenapa tidak? 

Semoga berhasil!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline