Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga juga disebut usia emas. Pada masa ini perkembangan anak terus diberi stimulasi dengan baik agar perkembangannya berlangsung dengan baik juga. Semua aspek perkembangan anak harus distimulasi dengan optimal.
Di dunia pendidikan anak usia dini, terdapat enam aspek perkembangan anak yaitu bahasa, sosial emosional, fisik motorik, moral-agama, seni dan aspek kognitif. Seperti yang tertera pada judul artikel, kali ini saya akan akan membahas tentang perkembangan kognitif.
Apakah kalian tahu apa itu perkambangan kognitif?
Kognitif adalah hal-hal yang berkaitan dengan kognisi atau kegiatan/proses memperoleh pengetahuan (termasuk kesadaran perasaan, dan sebagainya) atau usaha mengenali sesuatu melalui pengelaman personal.
Jadi, Perkembangan kognitif merupakan proses perkembangan dalam memperoleh pengetahuan atau memahami sesuatu yang lebih kompleks seiring bertambahnya usia."
Sederhananya bagaimana manusia belajar mengenal dan memahami sesuatu sejak dilahirkan --dimana kita belum memahami apapun. Kita sebagai manusia mulai belajar memahami hal-hal kecil disekitarnya dan mengenal dunia.
Seiring bertambahnya usia anak, maka perkembangan tersebut akan muncul, perkembangan muncul dengan bertahap, tidak sekaligus.
Yang perlu kita ketahui juga adalah "tidak semua anak memiliki tahap perkembangan yang sama", hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, contohnya seperti gentika, pola asuh, hingga kondisi kesehatan dan asupan makanan.
Banyak teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang perkembangan kognitif manusia,salah satu yang paling terkenal adalah teori yang dikemukakan oleh Jan Piget.
Piaget mengemukakan empat tahapan perkembangan kognitif berdasarkan kelompok usia yaitu tahap sensorimotor yang berlangsung dari usia nol hingga dua tahun, pra operasional --usia dua hingga enam tahun, operasional konkret --usia enam hingga dua belas tahun dan yang terakhir tahap operasional formal --usia 12 tahun hingga dewasa.
Tahapan Sensorimotor (kelahiran hingga usia 2 tahun)
Skema-skema didasarkan terutama pada perilaku dan presepsi, anak berfokus pada apa yang terjadi disini dan saat ini (here and now). Contohnya seperti Bayi memahami dunia melalui pergerakannya.