halo teman-teman perknalkan nama saya Liza Lindawati mahasiswi dari Sekolah Tinggi Pariwisata trisakti Jakarta, dan saya adalah salah satu mahasiwi penerima program beasiswa bidikmisi 2019.
Pengertian riset pemasaran adalah proses dimana kita melakukan pengumpulan suatu data dan informasi yang berkaitan dengan pemasaran itu sendiri. Dan hasil dari riset pemasaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan peluang suatu bisnis, meningkatkan dan memantau kinerja pemasaran, serta mengatasi masalah yang muncul. Riset Pemasaran adalah proses yang perlu kita lakukan sebelum memulai suatu bisnis. Tujuannya adalah agar mendapatkan data yang objektif dan akurat, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan. Dimana dalam proses ini meliputi pengumpulan data, melakukan observasi pasar, dan pengolahan data yang ada pada subjek penelitian di bidang pemasaran. Riset pemasaran dapat digunakan oleh siapa saja, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar.
Riset pemasaran juga dapat merujuk pada proses mengidentifikasi, mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data/informasi pemasaran untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah. Tugas seorang peneliti pasar adalah menganalisis pasar dan memahami potensi perusahaan untuk memasuki pasar. Disini kita sebagai pelaku bisnis kita akan dituntut untuk bertanggung jawab membantu perusahaan mencari tahu produk apa yang ingin meraka jual, siapa target audiens mereka, dan bagaimana cara memasarkannya sehingga dapat di terima oleh konsumen di pasaran. Tujuan dari riset pemasaran itu sendiri yaitu untuk menyoroti, memahami konsumen sebagai salah satu wawasan atau masukan terpenting bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, bisnis akan mengetahui apa kebutuhan dan keluhan mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H