Lihat ke Halaman Asli

LIZA LINDAWATI

MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Mengenal Apa Itu Banchmark dalam Performa di Sebuah Hotel

Diperbarui: 31 Januari 2023   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

halo teman-teman perkenalkan nama saya Liza Lindawati Mahasisa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, saya salah satu penerima program beasiswa Bidikmisi 2019.

Benchmark adalah suatu proses pembandingan organisasi kita sendiri, operasional atau prosesnya dengan organisasi lain di industri kita atau di pasar yang lebih luas. istilah benchmarking sering disebut dengan tolak ukur atau patokan. benchmarking adalah komponen penting dari inisiatif peningkatan dan kualitas yang berkelanjutan. Ada beberapa proses dalam benchmarking, yaitu menentukan apa yang akan dijadikan benchmark, menentukan apa yang akan diukur, menentukan siapa yang akan dijadikan benchmark, pengumpulan data, dan terakhir adalah analisis data.

Misalnya membuat sebuah laporan benchamark hotel, dalam laporan benchmark terdiri dari data yang dikumpulkan dari sejumlah hotel, biasanya dipilih oleh masing-masing hotel secara terpisah. Contoh untuk menunjukkan peringkat suatu hotel dalam kompetisi berdasarkan pada beberapa angka kunci yang digunakan manajer pendapatan, dan ini beberpa parameter yang di buat: MPI (Market penetration index), ARI (Average rate index), dan yang terkhir RGI (Revenue generated). Dan Sebagian hotel juga bekerja dengan satu laporan kumpulan perusahaan, jumlah rata-rata hotel dalam laporan yang diperbandingkan tersebut adalah 3-7 hotel.

Selain itu ada juga namanya competitive set (COMSET) yaitu pilihan hotel lain yang menjadi bersaing dengan hotel yang kita punya. Dalam hal itu perlu menetukan competitive set di sebuah hotel, mimilih set kompetitif adalah suatu hal yang penting yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan metrik yang akurat tentang kinerja hotel kita di bandimg dengan pesaing dipasar manapun. Meskipun sangat subyektif, Sebagian besar hotel memilih perangkat mereka berdasarkan factor-faktor seperti lingkungan, jenis hotel, jumlah kamar, fasilitas, ADR, dan banyak lagi. Pada dasarnya semua hotel dalam satus set perusahaan harus bersaing di pasar geografis untuk jenis pelanggan yang sama (permintaan).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline