Lihat ke Halaman Asli

Livia Nur Khanifa

Freelance subtitling

Mengenal Witch Hazel dan Manfaatnya untuk Kulit

Diperbarui: 24 Maret 2023   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Pinterest

Witch hazel atau Hamamelis virginiana L. Merupakan tanaman semak asal Amerika yang dipercaya memiliki manfaat untuk kulit. Kandungan astringent dan antioksidan di dalamnya mampu mencegah radikal bebas, sehingga ampuh digunakan untuk kulit sensitif.

Lalu, apa sajakah manfaat dari tanaman witch hazel?

1. Mengatasi Peradangan di Kulit

Dilansir dari halodoc, Kandungan tanin yang ada pada witch hazel memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan astringent di dalamnya berperan untuk melembapkan, menenangkan dan meredakan peradangan pada kulit. Misalnya iritasi kulit seperti ruam popok dan eksim, dapat diatasi dengan produk-produk yang terdapat kandungan witch hazel.

2. Mengecilkan Pori-pori

Bertambahnya usia akan mengakibatkan menurunnya elastisitas kulit, sehingga membuat kulit jadi terlihat kendur. Ini dikarenakan produksi kolagen berkurang dan pori-pori yang membesar. Penggunaan toner yang memiliki kandungan Hamamelis virginiana setelah cuci muka dapat membantu mengecilkan pori-pori serta tanin di dalamnya berguna untuk mengencangkan kulit.

3. Meredakan Sunburn

Sejak lama witch hazel digunakan untuk perawatan luka sunburn atau kulit terbakar akibat terpapar sinar matahari. Efek yang diakibatkan yaitu kulit kering dan gatal kemerahan. Dilansir dari alodokter, kandungan polifenol di dalam witch hazel inilah yang berperan sebagai antiradang, sehingga baik untuk meredakan sunburn.

Tanaman witch hazel aman digunakan untuk perawatan kulit. Meskipun begitu, bagi Anda yang mempunyai alergi diperlukan melakukan tes terlebih dahulu dan konsultasikan kepada dokter untuk meminimalisir risiko iritasi kulit.

Kalian sudah tahu belum tumbuhan witch hazel ini? Share pengalaman kalian di kolom komentar, yuk!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline