Lihat ke Halaman Asli

Komik Meme = Ekonomi Kreatif?

Diperbarui: 21 Maret 2016   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apa itu ekonomi kreatif? Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreasivitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Ekonomi kreatif memiliki macam-macam bentuk, tetapi yang akan saya bahas sekarang adalah ekonomi kreatif dalam bentuk komik meme. 

Pada saat ini di media sosial sering kita jumpai komik meme. Apa itu komik meme? komik meme adalah neologi yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan).  Seperti yang kita ketahui, bahwa di dunia ini tidak ada yang sepenuhnya positif dan negatif. Sama seperti komik meme ini. Komik meme juga mempunyai dampak positif dan negatifnya juga.
Dampak positif dari komik meme:

Mengikuti trendi > mengetahui bahasa-bahasa gaul yang digunakan sekarang-sekarang ini oleh para remaja.
Mengembangkan ide-ide di otak > Mencari ide-ide agar dapat membuat komik meme yang bagus, lucu, seru, dan tipe tema yang disukai banyak orang.
menghilangkan kebosanan > jika kita sedang bosan, kita dapat membuat komik meme atau melihat komik meme hasil orang lain.
Dampak negatif dari komik meme:

Lupa waktu > jika kita sudah sangat tertarik oleh komik meme kita dapat membuang-buang banyak waktu yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk belajar, tetapi kita gunakan untuk melihat komik-komik meme.

Penyalahgunaan komik meme > komik meme dapat kita salahgunaan. Karena kita dapat meledeki orang melalui komik meme ini.
Saya mengetahui komik meme ini dari seorang gadis cantik yang berkuliah di salah satu universitas di Jakarta. Orang-orang biasanya mengenal dengan sebutan "Miss Meme". Gadis itu memiliki nama asli Clairine Christabel. Bisa juga dipanggil Clairine Clay. 

Dahulu sebelum Clairine Clay terkenal, dia hanya iseng membuat suatu komik meme. Tetapi ternyata banyak orang yang menyukai komik meme hasil buatannya lalu mereka meminta agar Clairine membuat komik meme lagi. Clairine mempunyai cita-cita yaitu menjadi seorang artis. Dengan seperti ini, Clairine berfikir Tuhan mewujudkan cita-cita nya dengan cara yang seperti ini. Clairine Clay membuat buku dengan judul "Ketawa Cantik ala Miss Meme". Dan buku itu sangat menarik sehingga banyak sekali orang yang membeli buku hasil karyanya.

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline