Lihat ke Halaman Asli

Litta Umasugi

Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara

Rancangan Aksi Nyata Modul 1.1

Diperbarui: 26 Mei 2021   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyusun         : LITTA UMASUGI, S.Pd

Sekolah           : SMP Negeri 5 Tidore Kepulauan

Calon Guru Penggerak Angkatan II

" Mewujudkan Merdeka Belajar melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa, menyenangkan, aktif dan kreatif."

A. Latar Belakang

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik harus dapat mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa, pendidik tidak bisa memaksakan anak menjadi seperti yang pendidik inginkan, namun menggali, menemukan potensi diri anak dan kemudian mengarahkan anak menemukan potensi diri, menemukan jati dirinya. Anak diberi kebebasan namun pendidik memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.  Seorang 'pamong' dapat memberikan 'tuntunan' agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

Proses pembelajaran di kelas masih didominasi sepenuhnya oleh guru, metode ceramah oleh guru pada setiap pertemuan, pemberian tugas dengan ultimatum harus segera dikumpulkan, tanya jawab yang kadang dipaksa oleh guru, anak-anak bahkan tidak ada yang berani bertanya, tiba saatnya guru yang akan bertanya dan menjawab sendiri pertanyaan yang dia berikan kepada anak-anak.  Memberi kebebasan berkreasi, berpikir kirits dan menyenangkan bak impian yang sangat sulit terwujud dan dapat dinikmati oleh anak-anak.

Beranjak dari permasalahan yang ada, penulis termotivasi untuk menyusun rencana akasi nyata ini untuk melakukan perubahan mewujudkan Merdeka Belajar  melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa, menyenangkan, aktif,  kreatif dan pada tahap presentase kelompok penulis mengubah presentase dengan melakukan kunjungan galeri pameran hasil kerja kelompok untuk menambah pemahaman lebih siswa terhadap materi yang dibahas selain itu menumbuhkan nilai karakter mengahargai dan menghormati hasil karya kelompok lain.

B. Tujuan

Kegiatan aksi nyata dilakukan dengan tujuan agar terciptanya kegiatan merdeka belajar melalui kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif serta menyenangkan serta menuntun kodrat yang dimiliki anak.

C. Persiapan Kegiatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline