Lihat ke Halaman Asli

Klub Literasi SMANBA

Komunitas siswa peduli literasi

Merangkai Cerita Literasi | Kunjungan SMAN 1 Kencong Jember

Diperbarui: 1 Februari 2020   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri. foto bersama

Bangil, 01 Februari 2020 --- Hari pertama di  bulan Februari, matahari mulai beranjak tinggi dengan kabar yang membahagiakan.

Klub kami ditunjuk sebagai salah satu  rujukan SMAN 1 Kencong yang ingin menggali informasi seputar giat literasi yang kami kembangkan.

Acara ini diawali dengan penyambutan dari  kami yakni menyanyikan lagu mars literasi yang diciptakan oleh senior kami di klub literasi sendiri untuk Bapak Moh. Shodili yang menjabat sebagai Staff Humas di SMAN 1 Kencong. Tanya jawab pun dimulai, dari bagaimana  Bu Ani selaku Kepala Perpustakaan yang bisa membuat sebuah klub dengan siswa yang semakin semarak untuk menjadikan literasi sebagai wadah pengembangan siswa dalam pembelajaran sehari-hari.

"Bu, apakah klub ini terjadwal atau waktunya bebas?" tanya Pak Shodili.

"Saya persilahkan anak-anak untuk menjawab" kata Bu Ani kepada anak-anak

"Klub ini memiliki jadwal pertemuan wajib di hari selasa dan rabu yang dimana kita wajib untuk membayar kas . Diluar jadwal tersebut, anak-anak bisa menentukan hari untuk berkumpul sesuai keinginannya. seperti jika ingin ngumpul untuk membahas suatu informasi yang trending atau sekedar diskusi terkait program literasi dan perlu untuk dibahas. Kami dapat menjadwalkannya pada hari yang disepakati." jelas Amiroh selaku pengurus inti.

"Dari penjelasan yang saya dapat klub ini berjalan dengan sangat terorganisir, kalau boleh saya tau, bagaimana awal mula ibu dapat mengembangkan Klub Literasi sehingga dapat berkembang maju seperti sekarang?" tanya Pak Shodili.

"Waktu itu, saya menjabat sebagai Waka kesiswaan, tiba-tiba Bapak Kepala Sekolah menunjuk saya untuk menjadi Kepala perpustakaan pada saat itu. Saya pun bingung bagaimana mengelola perpustakaan . Lalu, saya curhat dengan Ketua OSIS bernama Fahris dan dia adalah seorang pelopor klub ini, pertama  saya mengajak anak-anak untuk mencintai perpustakaan sebelum mengajak mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam segi membaca dan menulis." jelas Bu Ani.

Banyak program literasi selama setahun ini yang telah dilaksanakan dengan baik, diantaranya; Diklat Literasi yang menciptakan 18 buku, Pelatihan Membatik dan Antologi Puisi, Giat Literasi di Alun-Alun Bangil, Talk Show Cerpen dan akhir-akhir ini klub literasi mendatangkan penulis terkenal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline