Lihat ke Halaman Asli

Fact Checker UI

UKM Fact Checker Universitas Indonesia

Memperingati Hari Periksa Fakta Internasional 2024

Diperbarui: 2 April 2024   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fact Checker UI

Tahukah kamu bahwa Hari Periksa Fakta Internasional jatuh setiap tanggal 2 April setiap tahunnya. Hari tersebut merupakan hari internasional yang memperingati seberapa pentingnya masyarakat dunia dalam memerangi misinformasi dan disinformasi yang beredar di masyarakat.

Hari Periksa Fakta Internasional merupakan inisiatif global yang memahami bahwa peranan krusial akurasi suatu informasi di dunia yang serba terinterkoneksi ini. Sehingga pada tanggal 2 April 2016 dirayakan pertama kalinya Hari Periksa Fakta Internasional yang ditetapkan oleh International Fact-Checking Network atau biasa disingkat IFCN.  

IFCN sendiri ialah jaringan periksa fakta internasional yang didirikan pada tahun 2015 oleh Poynter Institute, suatu organisasi sekolah jurnalisme nirlaba dan organisasi penelitian di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat.

Semakin maraknya penggunaan media digital maka semakin mudah penyebaran informasi terjadi. Berbeda seperti dahulu di mana media massa seperti koran, radio, atau televisi merupakan sumber informasi dominan bagi masyarakat. 

Sekarang mendapatkan dan menyebarkan informasi dapat dilakukan semudah mengusap layar pada perangkat mobile. Kemudahan tersebut memiliki dampak buruk karena arus informasi yang tidak terjamin kebenarannya bisa terselipkan diantara informasi-informasi yang benar. Oleh karena itu kegiatan periksa fakta merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan benar.

Harapannya dengan memperingati Hari Periksa Fakta Internasional kita dapat semakin sadar akan pentingnya memeriksa fakta dari setiap informasi yang kita terima.

Referensi:

https://www.daysoftheyear.com/days/international-fact-checking-day/h

ttps://www.poynter.org/event/international-factchecking-day-2024/

https://www.poynter.org/ifcn/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline