Lihat ke Halaman Asli

Fact Checker UI

UKM Fact Checker Universitas Indonesia

Waspada! Informasi Hoaks Rusia-Ukraina di Media Sosial

Diperbarui: 13 April 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 24 Februari 2022, presiden Rusia, Vladimir Putin, mulai meluncurkan serangan terhadap Ukraina. Ribuan orang berkumpul di pusat kota dan segera mengungsi ke beberapa negara tetangga. Serangan itu diluncurkan beberapa minggu setelah pasukan Rusia terbentuk di perbatasan Rusia-Ukraina. 

Invasi Rusia atas Ukraina terjadi dari akumulasi peristiwa-peristiwa yang terjadi beberapa tahun sebelumnya. Hal ini terjadi sebab Rusia khawatir Ukraina akan bergabung dengan Uni Eropa dan NATO, yang akan melenyapkan potensi Rusia akan banyak hal, termasuk kekuatan ekonomi dalam bidang gas dan minyak. 

Sebagai sesama negara pecahan Uni Soviet, Rusia merasa Ukraina adalah saudara satu darahnya, sehingga tidak boleh bergabung dengan Uni Eropa. Namun rakyat Ukraina sudah lama ingin lepas dari bayang-bayang Rusia, terutama sejak revolusi berdarah Maidan yang menewaskan 10 ribu orang dalam upaya Rusia menganeksasi Krimea, yang saat itu masih berada dalam teritori Ukraina. Kondisi saat ini di Ukraina masih mencekam, dengan estimasi pengungsi 1.5-2 juta jiwa.

Sejak peristiwa peluncuran serangan tersebut, berita-berita tentang Rusia-Ukraina bertebaran di jagat media sosial, bahkan menempati posisi trending selama beberapa hari. Sayangnya, banyak sekali oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menyebarkan berita hoaks terkait penyerangan tersebut. Tercatat oleh turnbackhoax.id, sejak serangan Rusia pertama (24 Februari 2022) hingga saat ini (23 Maret 2022) sudah ada 55 hoaks yang tersebar di media sosial. Kebanyakan hoaks mengenai perseteruan dua negara ini dibagikan di media sosial Instagram, Twitter dan Tiktok.

Bagaimana bentuk-bentuk hoaks tersebut? 

Bentuk- bentuk hoaks tersebut beragam, mulai dari foto hingga video. Salah satu berita yang terkonfirmasi hoaks adalah berita  yang beredar pada 19 Maret 2022 tentang tentara Ukraina membunuh lelaki tua yang sedang membaca Al-Fatihah. Dilansir dari Instagram, Twitter, dan Web Jalahoaks, video terkait tentara Ukraina yang mengeksekusi lelaki tua di Chechnya saat membaca Surah Al-Fatihah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan cuplikan dari film “The Search” (2014) yang mengisahkan invasi Rusia ke Chechnya pada tahun 1999 dan tentara yang diperankan merupakan tentara Rusia, bukan Ukraina. Informasi ini masuk dalam kategori Konteks yang Salah (False Context).

Selain contoh yang telah dijabarkan di atas, masih ada beberapa video hoaks yang tersebar di media sosial terkait perang Rusia-Ukraina ini, salah satu contoh video hoaksnya, seperti yang dilansir dari laman cek fakta milik liputan6.com, ialah video yang diklaim berasal dari sebuah acara televisi Ukraina. 

Pada video tersebut terdapat seorang reporter yang sedang menyampaikan sebuah berita dengan dilatari oleh beberapa kantong mayat. Video hoaks tersebut mengklaim bahwa sang reporter sedang melaporkan jumlah korban tewas dalam perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung. 

Faktanya, video tersebut merupakan cuplikan berita soal unjuk rasa yang terjadi akibat adanya perubahan iklim yang terjadi di Wina, Austria. Sedangkan orang-orang yang berbaring di dalam kantong mayat merupakan aksi simbolis yang mengacu pada sebuah studi ilmiah yang menyatakan bahwa kemungkinan ada sekitar 49 orang meninggal dunia setiap harinya akibat perubahan iklim yang terjadi di Austria.

 Informasi Hoaks pertama dapat ditelusuri kebenarannya melalui https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Wb7XRVPk-cek-fakta-video-tentara-ukraina-eksekusi-lelaki-tua-yang-sedang-membaca-surah-al-fatihah-tanpa-ampun-ini-faktanya dan https://www.snopes.com/fact-check/ukraine-soldiers-chechnya-killings/ 

Informasi hoaks Kedua dapat ditelusuri kebenarannya melalui https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4902948/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-tv-ukraina-melaporkan-korban-tewas-akibat-invasi-rusia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline