MODUL 2 PRAKTIK PEMBELAJARAN YANG BERPIHAK KEPADA MURID
Pengetahuan yang diperoleh dalam Modul 2.1 antara lain :
- Pembelajaran yang berdiferensiasi
- Mengetahui kebutuhan murid : Ketiga aspek tersebut adalah: Kesiapan belajar (readiness) murid, Minat murid, Profil belajar murid
- Memetakan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar
- mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan belajar berdasarkan minat:
- dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas mereka.
- dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1. CGP dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas mereka.
2. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi. 3. CGP dapat menjelaskan bagaimana cara mengetahui kebutuhan belajar murid.
MATERI PEMBELAJARAN :
- Pembelajaran yang berdiferensiasi, sehingga mengetahui kebutuhan belajar murid.
- Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:
- Mengetahui kebutuhan murid :
Ketiga aspek tersebut adalah:
Kesiapan belajar (readiness) murid
Minat murid