Lihat ke Halaman Asli

Lita Chan Lai

Semangat Jiwa

Rektor UMSB Terharu Dikunjungi Delegasi SAR MPA MI

Diperbarui: 22 Februari 2016   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Delegasi SAR MPA MI dengan Rektor UMSB"][/caption]Terharu, rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Dra Novelty M.Hum meneteskan air mata saat menerima delegasi Search And Rescue Mapala Muhammadiyah Indonesia (SAR MPA MI), Senin, 22/02 siang, di ruang kerjanya.

Novelty mengaku mendapat menghargaan yang sangat luar biasa atas kunjungan Ketua Umum SAR MPA MI, Slamet Widodo bersama anggota Dewan Pembina SAR MPA MI, Zulfahmi Sangaji, dan salah seorang unsur Ketua SAR MPA MI, Zwaeb Laibe.

Mantan dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSB ini tak menyangka jika UMSB mendapat perhatian yang begitu besar dari komponen SAR MPA MI dalam peningkatan potensi SAR lingkup kampus universitas swasta tertua di Sumatera Barat itu.

"Dengan kondisi kami yang baru bangkit dari keterpurukan atas konflik internal yang pernah melanda UMSB, kami tidak menyangka jika mendapat perhatian seperti ini dari teman-teman SAR Mapala Muhammadiyah ini, hingga jauh-jauh harus mengunjungi kami ke sini", ungkapnya terharu.

Perempuan yang kini tengah menyelesaikan gelar doktornya itu mengakui, selama ini UMSB sangat terpuruk akibat konflik internal tersebut. Olehnya itu, UMSB sangat jarang mengirimkan delegasi pada event-event tingkat nasional, baik event yang di gelar untuk kalangan mahasiswa maupun yang melibatkan pimpinan universitas. "Saat ini kami konsen dulu pada persoalan internal, sehingga kami sangat jarang mendelegasikan mahasiswa kami pada even-event nasional", ujarnya.

Pihak UMSB, kata dia, bukannya tidak mendukung kegiatan mahasiswa. Tapi lebih pada kondisi internal kampus yang memang belum bisa berpartisipasi pada berbagai event itu, termasuk even-event yang digelar dalam lingkup internal Muhammadiyah sendiri.

Walau demikian, Novelty berharap, dengan kunjungan delegasi SAR MPA MI ini, UMSB bisa bangkit dari keterpurukannya, khususnya pelibatan mahasiswanya pada kegiatan ekstra kampus pada berbagai kesempatan. Termasuk membangun jaringan dan kerjasama pada kegiatan kemanusiaan sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Ketua SAR MPA MI, Slamet Widodo, mengawali pertemuan dengan menjelaskan proses terbentuknya hingga tujuan dan visi misi SAR MPA MI. Termasuk menjelaskan berbagai program kerja SAR MPA MI yang digodok pada Rakernas SAR MPA MI di kampus UMS, Desember tahun lalu.

Widodo juga menyampaikan beberapa kegiatan SAR MPA MI yg akan dikoordinasi dan dikerjasamakan dengan pihak UMSB dan Mapala UMSB. "Inti kedatangan kami, selain bersilaturahmi dengan ibu rektor sebagai anggota Dewan Pembina SAR MPA MI, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dan doa dari ibu rektor dalam mewujudkan cita-cita mulia SAR MPA MI ini, khususnya pelibatan teman-teman Mapala UMSB pada berbagai kegiatan SAR MPA MI," ujar mantan Ketua Malimpa UMS ini.

Pertemuan itu diakhiri dengan penyerahan SK Diktilitbang PP Muhammadiyah tentang Pengurus SAR MPA MI periide 2015-2017. Pada SK yang ditandatangani Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyat itu, Novelty termasuk salah seorang anggota Dewan Pembina SAR MPA MI. (ZL)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline