Lihat ke Halaman Asli

Lisudatu Trifosa Allorante

Mahasiswa Magister Management Universitas Tanjungpura

Strategi Pemasaran Jasa Melalui Digital Marketing Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir

Diperbarui: 7 Juni 2022   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

 

Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak dampak yang besar kepada sektor ekonomi diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya industri besar, pandemi Covid-19 juga telah membuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mulai gelisah karena harus menyesuaikan dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Perbedaan yang cukup terasa dalam menjalankan bisnis sebelum dan saat pandemi adalah banyak bisnis yang awalnya offline bergeser ke online. Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 17 Mei 2022, Presiden Jokowi memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk melepaskan masker di ruang terbuka dikarenakan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali. Walaupun menurut WHO pandemi Covid 19 belum akan berakhir dalam waktu dekat tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dan mempelajari strategi pemasaran jasa yang tepat setelah pandemi berakhir nanti. Saat ini sistem pemasaran secara online atau Digital Marketing menjadi sesuatu yang wajib dan merupakan kebutuhan pokok untuk bisnis dimasa kini. Menurut Chaffey dan Chadwick dalam buku mereka yang berjudul Digital Marketing: Strategi, Implementation and Practice, Digital Marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi digital dimana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran.

Hal pertama dan merupakan hal yang penting dalam Digital Marketing adalah Segmentasi Pada Konsumen. Menurut Kotler and Scheff (1997) segmentasi adalah sebuah proses dalam pembagian pasar, menjadi beberapa kelompok pelanggan yang memiliki karakteristik kebutuhan yang sama, sehingga dapat dijadikan target pasar yang harus dicapai oleh perusahaan dengan strategi pemasarannya, Dengan adanya Segmentasi, perusahaan dapat mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan langkah yang tepat. Setelah mengetahui target konsumen yang tepat untuk bisnis, selanjutnya anda akan dimudahkan untuk membuat konten promosi yang relevan dan sesuai dengan target konsumen anda. Berikutnya adalah memilih strategi promosi yang tepat, dalam Digital Marketing terdapat berbagai macam strategi promosi salah satunya adalah Search Engine Optimation. SEO merupakan hal yang harus dipelajari dan dilakukan oleh pebisnis di zaman sekarang. SEO adalah praktek mengoptimalkan situs website agar mendapatkan ranking yang tinggi di Google atau mesin pencari lainnya. Google My Bussines adalah salah satu contoh dari SEO, dimana fitur ini bisa di gunakan secara gratis maupun berbayar.

Terakhir dan tidak kalah penting dalam Pemasaran Jasa melalui Digital Marketing adalah pentingnya Bangun Kedekatan dan Kepercayaan dengan Konsumen. Bisnis jasa merupakan layanan yang diberikan dan dapat dirasakan langsung oleh konsumen, maka digital marketing merupakan strategi terbaik untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Alasannya adalah digital marketing mendukung komunikasi dua arah. Komunikasi ini juga dapat dilakukan secara virtual, kapan saja, dan dimana saja, sehingga jika terjadi masalah terhadap pelayanan yang diberikan, perusahaan dapat memberikan solusi atau umpan balik sesegera mungkin. Dengan cara ini, perusahaan dapat membangun kedekatan dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap layanan yang ditawarkan. Melalui Digital Marketing yang tepat, perusahaan jasa dapat mempromosikan jasanya secara lebih luas dan dapat memperoleh manfaat dari promosi yang sedang berlangsung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline