Lihat ke Halaman Asli

Listyarini

senyum untuk mendidik

Fenomena Pembelajaran Abad 21

Diperbarui: 8 Juni 2021   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fenomena Pembelajaran Abad 21. | freepik

Menghadapi teknologi yang semakin maju, kasus setiap sekolah tentunya tidak jauh berbeda atau malah kemungkinan juga sama dengan seluruh sekolah di Indonesia. 

Menyambut pemerintah yang sudah mulai merintis pendidikan berbasis IT. Tidak sedikit permasalahan yang menghambat pendidikan berbasis IT ini, di antaranya masalah jaringan/ sinyal juga peserta didik yang tidak memiliki smartphone, terkadang punya smartphone tetapi dibawa kerja orang tuanya. 

Lalu bagaimana agar anak tetap bisa mengikuti pelajaran dengan baik walaupun tidak mempunyai smartphone? Untuk sementara mengatasi keterbatasan ini bisa disiasati dengan dua peserta didik satu smartphone, jadi selain masalah keterbatasan sarana teratasi juga masih ada interaksi dengan teman meskipun pembelajaran berfokus pada smartphone.

Baca juga: Kecakapan Pendidik Abad 21

Tidak dipungkiri bahwa kasus penyalahgunaan teknologi sedang marak...

Menggunakan cara belajar di mana pembelajaran tatap muka dan online menjadi satu kesatuan, tidak sedikit di berbagai sekolah terdapat fenomena pembelajaran abad 21 yang terjadi pada peserta didik. Kebanyakan peserta didik lebih suka berinteraksi dengan smartphone daripada dengan teman-teman yang lain secara langsung. 

Pada saat jam istrahat sekolah mereka lebih suka bergerombol main games bersama dengan masing-masing memegang smartphone tanpa memperhatikan sekitar. 

Pada status whatshap mereka pun tak jarang terdapat unggahan games yang telah mereka selesaikan atau screenshot chat maupun foto-foto selfy mereka beserta komentarnya. Ini adalah salah satu peluang kita sebagai pendidik untuk memberi teladan dan membuat peserta didik kagum. 

Diperlukan benar-benar strategi yang efektif untuk mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik untuk menanggulangi hal itu. Sebagai contoh ajak peserta didik  membuat vlog bersama dengan konten tema yang sudah disepakati. 

Baca juga: Tuntutan Kecakapan Siswa di Abad 21

Di antaranya juga membuat peraturan kelas bahwa penggunaan smartphone di kelas adalah untuk pembelajaran dimana untuk browsing materi yang masih dianggap sulit, selain itu mendampingi peserta didik mencari soal-soal latihan online yang bisa mereka pelajari mandiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline