Lihat ke Halaman Asli

Pahami Lebih Dekat Terkait Temperament Pada Anak

Diperbarui: 29 September 2021   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi anak yang memiliki temperament yang berbeda

Ketika anda mendengar kata temperament, apa yang terlintas? Apakah seseorang yang  mudah marah, emosian, moodyan, mudah tersinggung? Ets jangan salah, tolak ukur seseorang dikatakan temperament bukan hanya seputar emosi, melainkan ada beberapa jenis temperament yang perlu anda ketahui.

       Menurut kamus besar bahasa Indonesia temperament merupakan sifat tetap yang mempengaruhi perbuatan, perasaan dan fikiran yang berasal dari batin seseorang. 

      Secara garis besar temperament merupakan  respon seseorang terhadap suatu hal yang ditunjukkan dengan perbedaan perilaku dan sifat yang di hasilkan. Sifat temperament adalah karakter seseorang yang dibawa sejak lahir, meskipun akan dipengaruhi oleh keluarga, budaya dan pengalaman seseorang. Kemudian sifat temperament merupakan gambaran seseorang dalam memahami serta menyikapi dunia sekitarnya.

     Temperament merupakan ciri-ciri dari keperibadian yang menentukan bagaimana seseorang bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya.  Tahukah anda sikap temperament seseorang akan berpengaruh dalam perilakunya ketika berinteraksi dengan orang lain dan dunianya sendiri, apakah orang itu memiliki keperibadian yang pendiam sehingga ketika berinteraksi dengan orang lain akan membawa sikap pendiamnya, seperti tidak berbicara bila tidak diajak berbicara, mengucapkan kalimat seadanya dan seperlunya saja, dan lain-lain.

     Saat berbicara mengenai sifat  temperament, terdapat keunikan tersendiri loh. Bagaimana tidak, setiap orang nyatanya memiliki kombinasi unik terkait keperibadian atau sikap temperament, seperti mungkin anda memiliki kepribadian yang mirip dengan orang lain, atau bahkan anak anda memiliki keperibadian yang berbeda dengan orang lain. Sifat-sifat inilah merupakan keperibadian seseorang yang membuat anda terlihat unik.  Perlu anda ketahui bahwa anda tidak dapat menyalahkan sifat temperament seseorang atau keperibadian seseorang, mengapa? Karena tidak ada temperament yang  benar atau salah, setiap manusia memiliki pola pikir, tindakan, dan cara berinteraksi tersendiri dengan dunia sekitar yang mana memiliki keunikannya masing-masing.

Lantas apakah sifat temperament seseorang dapat menggambarkan sifat asli seseorang?

Ketika anak sulit untuk makan, pasti hal itu membat orang tua frustasi, karena anak tidak memiliki nafsu makan, kecuali saat makan- makanan yang manis dan penuh dengan perasa. Untuk membiasakan anak makan- makanan yang sehat akan membutuhkan effort atau usaha yang kuat untuk hal itu. Sebagai orang tua perlu untuk mengerti sifat temperament anak hal itu akan membantu anda memiliki harapan sesuai untuk mereka.

Sama halnya ketika seorang balita menangis semalaman, entah maunya apa, sudah diberi asi, sudah digendong tapi tetap menangis, tidak mungkin anda sebagai orang tua memintanya untuk tenang, sabar hal itu jelas mustahil dan serasa tidak adil, karena usia bayi belum bisa untuk melakukan hal tersebut.

Ada beberapa point yang dapat anda amati bila anak memiliki sifat temperament baik dari seberapa sering dan jarang mereka menunjukkan sikap tersebut, diantaranya:

Reaktivitas

Reaktivitas ini merupakan seberapa kuat anak dalam bereaksi terhadap sesuatu yang menarik di lingkungan sekitarnya atau bahkan saat anak tidak mendapatkan keinginan mereka sendiri. Anak yang raktiv tentu lebih merasakan sesuatu yang dengan kuat.

Pengaturan diri

Pengaturan diri merupakan seberapa mampu anak dalam mengontrol perilakunya sendiri, baik itu cara mereka memperlihatkan perasaan yang sedang ia rasakan. Dan juga pengaturan diri dapat dilihat dari seberapa mampu kah anak dalam mengontrol perhatian dan seberapa konsisten serta teguh dalam pendiriannya sebagai seorang anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline