Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

YouTube Rewind Indonesia 2020, Trending di Hati Penontonnya

Diperbarui: 30 Desember 2020   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi | unsplash.com

Sudah menonton video durasi 14 menit 21 detik itu?

Setiap menutup tahun, pasti selalu ada yang menantikan kehadiran video satu ini. Video-video yang merupakan kumpulan dari hal-hal yang pernah viral atau fenomenal di tahun tersebut, khususnya di platform berbagi video YouTube. Ya, apalagi kalau bukan YouTube Rewind.

Semalam saya sedang beruntung, karena unggahan status teman membuat saya berhasil menonton secara premier video Youtube Rewind Indonesia 2020. Sekitar pukul 19.45 WIB, saya bersama lebih dari seratus ribu penonton yang lain berkumpul di video yang sama. Jumlah yang bahkan melebihi kapasitas Stadion Utama Bung Karno (GBK). Wow, bayangkan betapa padatnya penonton di waktu itu!

Merangkum Setahun dalam Waktu Kurang Dari 15 Menit

Tidak mudah pastinya untuk merangkum banyak hal yang terjadi dalam setahun ini hanya hitungan menit. Namun  Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion, dan Nessie Judge sebagai inisiator membuktikan bahwa ternyata bisa.

Ya, meskipun Youtube sendiri mengumumkan bahwa program YouTube Rewind ditiadakan di tahun ini karena kondisinya berbeda (kemungkinan akibat adanya pandemi?), nyatanya para pembuat konten youtube di Indonesia tetap membuatnya dengan ciamik dan patut diapresiasi.

Hal ini cukup menjadi bukti bahwa kondisi yang "berbeda" tidak lantas membuat kreativitas para youtuber Indonesia memilih pasrah dengan tidak melakukan apa-apa. Tetap berkarya tanpa melupakan protokol kesehatan yang hari ini jadi sangat penting.

Kurang dari lima belas menit, video YouTube Rewind berhasil mengabadikan hal-hal yang memang menjadi tontonan hingga pembicaraan di mana-mana. Yang tidak hanya ramai di youtube, pun yang memang secara umum adalah hal yang pernah fenomenal di Indonesia. 

Mulai dari video kecantikan, kuliner, tarian, lagu-lagu, permainan, dan banyak hal yang saya sendiri tidak bisa menyebutkan satu per satu. Yang sudah menonton pasti paham, yang belum makanya setelah ini tolong mampir sebentar.

Dalam durasi yang singkat tersebut, saya -termasuk penoton yang lain saya rasa- seperti sedang dibawa naik roller coaster, perasaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline