Membuat isi tulisan yang baik ternyata tidak cukup, karena yang justru yang menjadi pertama dibaca dan menarik pembaca adalah soal judul.
Meski sudah ratusan tulisan saya buat, ternyata saya masih sering kesulitan untuk membuat yang satu ini, perihal judul. Ya..Bagi saya soal membuat isi tulisan bukan apa-apanya ketimbang memikirkan judul apa yang akan saya pakai ketika isi tulisan ini sudah jadi. Bahkan sering saya menjadi lama untuk mempublikasikan sebuah tulisan hanya karena belum menemukan judul apa yang pas di hati, cocok. Beruntung, saya sering dibantu oleh admin disini, yang dengan senang hati mempercantik judul yang lebih pas dan membuat saya "oh,iya. Judulnya jadi lebih ngena!" Makasih min!
Judul yang mudah ditebak
Keberutungan menulis di kompasiana selain mendapat revisi judul dari admin adalah koreksi dari sesama penulis alias kompasianer. Pernah beberapa waktu lalu seorang kompasianer senior menghubungi saya dan membahas soal judul yang sering saya buat. Beliau memberi kritik bahwa judul tulisan saya rata-rata mudah ditebak. Jadi kurang greget gitu kali ya. HAHA.
Pun saya menerima apa yang beliau katakan, sebab saya pun menyadari dengan sepenuhnya bahwa 'kelemahan' yang sering saya alami ketika menulis memang soal membuat judul. Seperti yang sudah saya akui diawal tulisan, yang pada akhirnya membuat judul yang saya buat jadi kurang 'wah'. Mengutip apa yang beliau katakan pada saya, "Bukankah membosankan kala kita menonton film yang udah ketebak jalan ceritanya"
Ya, ternyata membuat judul memang tidak boleh sembarangan dan ngasal. Apalagi diera dimana informasi yang bermuculan bak gelombang tsunami karena saking banyaknya.Mau tak mau, kondisi yang seperti ini menutut kita untuk membuat judul tulisan yang menarik agar dilirik.Jika tak pandai-pandai, tulisanmu akan sulit dijangkau dan buruknya bisa jadi langsung tenggelam begitu saja.
Oleh sebab itu seperti kata beliau dalam percakapan, agar menarik judul tulisan juga butuh twist, kejutan! Kejutan yang bukan berarti menghalalkanmu membuat judul bombastis tetapi isinya ternyata tidak ada apa-apanya, atau malah tidak sesuai dengan judul.
Parah sih ini, tetapi nyatanya itu yang banyak terjadi, ya nggak?
Menarik tanpa menipu, penting lho!
Pernah dengar istilah clickbait? Rasanya istilah itu sudah menjadi familiar karena banyak sekali judul-judul di zaman now yang menggunakan metode ini. Singkat penjelasan apa itu clickbait adalah kurang lebih seperti namanya, agar di-klik, dibuka. Disini, kedudukan judul biasanya jadi lebih penting daripada isinya yang rata-rata biasa saja. Pokoknya asal pageview meningkat, yang utama ya?