Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

Bulan Kapsul Vitamin A, Yuk Datang ke Pelayanan Kesehatan Terdekat!

Diperbarui: 19 Agustus 2016   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Februari dan Agustus menjadi bulan penting bagi keluarga yang memiliki balita dan ibu nifas. Apa pasalnya? Ya, pada bulan tersebut adalah bulan dimana suplementasi kapsul vitamin A akan diberikan.

[caption caption="dari UNICEF"][/caption]

Seperti yang dikutip dari “Panduan Manajemen Suplementasi Vitamin A” dari Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Suplementasi kapsul Vitamin A pada anak umur 6-59 bulan dan ibu nifas bertujuan tidak hanya untuk pencegahan kebutaan tetapi juga untuk penanggulangan Kurang Vitamin A (KVA). Penelitian di berbagai negara menunjukkan bahwa pemberian suplementasi kapsul vitamin A sebanyak 2 kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan yang berdaya ungkit tinggi bagi pencegahan kekurangan vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita

Fakta menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A merupakan penyumbang utama kematian anak di bawah lima tahun.  Hal ini juga senada dengan organisasi anak tingkat dunia-UNICEF- yang mengakui bahwa suplementasi vitamin A menjadi salah satu intervensi yang hemat biaya untuk meningkatkan kelangsungan hidup anak-anak

Di Indonesia, pemberian suplementasi kapsul vitamin A telah menjadi salah satu indikator cakupan pelayanan kesehatan anak. Menurut data Riskesdas , cakupan pemberian kapsul vitamin A meningkat dari tahun 2007 sebesar 71,5 persen menjadi 75,5 persen di tahun 2013 dengan persentase anak 6-59 bulan yang menerima kapsul vitamin A selama enam bulan terakhir tertinggi terdapat di Nusa Tenggara Barat dan terendah di Sumatera Utara.

[caption caption="Riskesdas 2013"]

[/caption]

Tidak Hanya Balita, Ibu Nifas-pun Perlu

Ibu yang baru melahirkan sampai enam minggu setelah kelahiran bayi (0-42 hari) juga perlu mendapatkan vitamin A. Hal ini diperlukan dengan tujuan diantaranya : meningkatkan kandungan Vitamin A dalam ASI selama 60 hari, menambah kandungan vitamin A dalam ASI sampai bayi berusia 6 bulan, pemulihan pasca melahirkan dan untuk mencegah infeksi pada Ibu Nifas.

Bayi yang baru lahir memiliki simpanan vitamin A yang hanya cukup untuk beberapa hari di awal kehidupannya. Oleh karena itu, ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik khususnya vitamin A untuk melindungi bayi mereka dari defisiensi.

Pemberiannya diberikan pada masa nifas sebanyak 2 kali yaitu 1 kapsul segera setelah saat persalinan dan 1 (satu) kapsul kedua diminum 24 jam sesudah pemberian kapsul pertama.

Dapatkan disini...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline