Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

Hujan Boleh Turun, Daya Tahan Tubuh Jangan

Diperbarui: 7 Agustus 2020   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://justfatoer.blogspot.com/

“Yahh, hujan, lagiiiii"

"Gak bawa payung, hujan-hujanan deh"

" Hujan , sedih inget mantan" #eh

Akhir-akhir ini barangkali begitulah keluhan yang datang menghampiri kita. Hujan menjadi tidak kenal hari. Jangan kira hujan adalah doa para jomblo di malam minggu. Kali ini hujan bisa datang semaunya apalagi di bulan Januari (yang kononnya kepanjangan dari hujan sehari-hari karena saking seringnya turun hujan). 

Nah, terlepas dari kononnya-posisi Indonesia adalah salah satu faktor pendukung hujan jadi sering mampir. Letak geografis Indonesia meyebabkan terjadinya angin muson yaitu angin muson barat (musim hujan) dan angin muson timur (musim kemarau). Pada bulan Oktober sampai April , Indonesia akan dilewati angin  muson barat yang membawa banyak uap air dari samudra pasifik dan laut cina selatan. Jadilah tidak heran jika Indonesia masuk musim penghujan di bulan-bulan ini. Meski musim sekarang menjadi sulit diprediksi karena efek rumah kaca.

Pertanyaannya : Sudahkah kalian siap menghadapi hujan yang akan  selalu datang?

 “sedia payung sebelum hujan”, bukan cuma kenangan!

Memang benar, pada musim penghujan  payung dan jas hujan menjadi barang yang tak boleh sampai lupa dibawa. Kalau yang suka galau bahkan kenanganpun terbawa saat hujan #eh. Namun apakah Cuma amunisi payung dan jas hujan saja? Noooo. Payung dan jas hujan hanya melindungi kita dari terpaan rintik-rintik air sehingga kita tidak menjadi basah-basahan.

Kalian pasti sudah tahu hal-hal yang akan terjadi pada saat musim hujan datang. Pertama , penyakit akan mudah menyerang kita seperti influenza dan batuk. Kedua , jemuran mama yang tak kunjung kering. Fokus pada poin pertama saja ya. Musim hujan membuat kita rentan pada penyakit karena daya imun kita yang menurun loh. Payung dan jas hujan saja tidak cukup, sesungguhnya perlindungan dari dalam diri kitalah yang sangat penting untuk dijaga apalagi saat musim hujan tiba.

Hujan boleh turun, Tapi  Imunitas Tubuh Dilarang

Berikut adalah “perlindungan diri” yang bisa kalian tak boleh lupakan untuk menghadapi musim penghujan :

1.       Protein

Protein adalah salah satu dari makronutrien selain karbohidrat dan lemak. Protein ini biasanya bertugas menjadi zat pembangun dan pengatur tubuh daripada menjadi sumber energi. Karena fungsinya yang penting, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Sumber-sumbernyapun diusahakan beragam bisa dari hewan (hewani) seperti telur, makanan seafood, daging atau dari tumbuhan (nabati) seperti tempe, tahu dan produk kacang-kacangan /polong-polongan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline