Lihat ke Halaman Asli

Apakah Urutan Pemakaian Skincare yang Benar?

Diperbarui: 8 Maret 2023   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Apakah urutan pemakaian skincare yang benar?
Aku coba sharing urutan pemakaian skincare yang benar dan fungsinya yaa.

1.Facial wash
Langkah pertama kita perlu membersihkan kulit wajah agar bebas dari minyak dan kotoran sehingga bahan skincare dapat diserap dengan baik. Kalau semisal abis pakai heavy makeup atau sunscreen yg pekat, boleh double cleansing dgn make up remover/ micellar water/ cleansing balm sebelum cuci muka dgn facial wash.

2. Toner

Setelah cuci muka dgn sabun, kita bisa pakai toner baik dgn tangan atau kapas. Toner berfungsi untuk mengangkat minyak dan kotoran yang masih menempel pada wajah setelah mencuci muka. Selain itu, toner juga dapat membantu dalam mempersiapkan kulit wajah sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya seperti serum dan pelembap.

3. Serum

Setelah membersihkan dan melembapkan kulit, saatnya untuk memakaikan serum wajah. Serum wajah ini bisa dsesuaikan kandungannya dengan kebutuhan kulit kita, apakah mau untuk melembapkan, mencerahkan, anti aging.

4. Moisturizer / day cream / night cream

Berikutnya adalah memakai cream, baik itu moisturizer/ day cream / night cream. Utk kandungannya bisa disesuaikan dgn kebutuhan kulit kita, apakah butuh pelembap utk kulit kering, atau krim yg kandungannya untuk mengatasi jerawat dan komedo, atau utk mencerahkan, dan lainnya.

5. Sunscreen

Sunscreen ini tujuannya utk melindungi kulit kita dari paparan sinar UV. Jika pagi-siang hari dianjurkan untuk selalu memakai sunscreen ya jika aktivitasnya terpapar sinar matahari, dan perlu direapply setiap 2–3 jam sekali jika masih terpapar sinar matahari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline