Lihat ke Halaman Asli

Lismawati K Abdjul

Guru di SMA N 5 Gorontalo

Geografi Pelajaran yang Membosankan, Benarkah?

Diperbarui: 8 Oktober 2022   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: elearning.smpn1seibingai.sch.id


  

Saat mendengar kata "Geografi" apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Bagi orang awam yang tidak pernah mengenyam dunia pendidikan mendengar kata Geografi mereka pasti menjawab Geografi adalah sebuah pelajaran yang mereka sendiri tidak tahu pelajaran tentang apa.

Namun bagi mereka yang mengenyam pendidikan atau setidaknya pernah mengenyam pendidikan pasti mereka sedikit tahu apa itu Geografi. 

Bisa saja mereka menjawab Geografi adalah sebuah pelajaran yang lumayan rumit untuk dipelajari. Ada juga yang beranggapan Geografi hanyalah sebuah pelajaran yang menghafal nama- nama tempat di permukaan bumi. 

Geografi adalah pelajaran yang mempelajari tentang peta dan berbagai pendapat lain yang pada intinya Geografi hanyalah sebuah pelajaran yang dipelajari di dunia pendidikan.

 Terlepas dari anggapan- anggapan tersebut saya ingin memberi tahu apa itu Geografi , dan mengapa Geografi bagi sebagian orang atau peserta didik bisa menjadi sebuah pelajaran yang membosankan. 

Geografi adalah sebuah ilmu yang dipelajari di bangku pendidikan. Di jenjang SD, Geografi dipelajari dalam satu rumpun ilmu yaitu IPS Terpadu dimana Geografi hanya dibahas lebih umum karena tergabung dengan muatan pelajaran yang lain yang digabung dalam satu pelajaran yaitu IPS. 

Pada jenjang pendidikan Menengah Pertama Geografi sudah lebih meningkat dipelajari dibanding di SD tetapi tetap masih dalam satu mata pelajaran yaitu IPS. Pada jenjang SMA, mata pelajaran Geografi masuk dalam satu mata pelajaran pada rumpun IPS. Di SMA, mata pelajaran Geografi dibahas tersendiri dan Gurunya pun adalah memang Guru Geografi Lulusan pendidikan Geografi.

Geografi selama ini dianggap sebagai pelajaran menghafal peta buta dan nama- nama tempat di permukaan bumi. Jadi bagi yang tidak benar- benar mempelajari Geografi secara serius mengganggap bahwa Geografi adalah pelajaran yang mungkin membosankan. 

Padahal jika dipelaari lebih jauh lagi pelajaran Geografi sangat menarik. Pembahasannya membuka wawasan si pencari ilmu. Mempelajari Geografi bisa membuat si pencari ilmu dapat menjawab segala pertanyaan yang terjadi di lingkungan sekitar tempat dia tinggal. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline