Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-T IPB University Berhasil Mengaktifkan Kembali Rumah Baca di Desa Bulu

Diperbarui: 7 Agustus 2023   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Sukoharjo, 31 Juni 2023 - Sebuah inisiatif menarik dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IPB University berhasil mengaktifkan kembali rumah baca yang sebelumnya meredup di Desa Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Rumah baca yang dulunya menjadi tempat ramai pengunjung, namun sempat tidak digunakan sejak merebaknya pandemi COVID-19, kini kembali hidup berkat program kerja yang inovatif.

Mahasiswa KKN-T IPB University mengambil langkah berani untuk merespon dampak negatif pandemi yang berimbas pada minat baca masyarakat. Dengan semangat dan kolaborasi yang kuat, mereka menetapkan program kerja yang berfokus pada menghidupkan kembali kegiatan budaya dan minat baca di Desa Bulu dengan saran siswa/I Sekolah Dasar setempat.

Program kerja yang diberi nama "BARCA (Baran Membaca)" diawali dengan membersihkan dan merapikan rumah baca yang telah lama tidak aktif. Mahasiswa juga menyusun kegiatan menarik untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Program tersebut dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat setempat dan terdiri dari 4 kali pertemuan dengan materi yang berbeda setiap minggunya.

Pada minggu pertama, kegiatan dimulai dengan perkenalan kembali rumah baca dan perkenalan literasi kepada siswa dan siswi. Mahasiswa memberikan contoh sederhana dari literasi digital, literasi media, literasi budaya, dan literasi keuangan yang dapat dipahami dengan mudah dan ditutup dengan diskusi singkat.

Di minggu kedua, fokus program berpindah mengenai masa depan. Mahasiswa menjelaskan apa yang dimaksud dengan cita-cita, dan bagaimana caranya untuk mewujudkan cita-cita. Setiap  siswa menulis impian mereka serta menceritakan di depan siswa lainnya dengan berani. Setiap cita-cita yang mereka tulis tersebut ditempatkan pada madding yang dapat di hias oleh siswa dan siswi.

Pada minggu ketiga Mahasiswa mengajak siswa dan siswi melakukan percobaan fisika sederhana menggunakan balon dan cuka. Percobaan ini mengajarkan siswa dan siswi untuk dapat memahami prinsip dasar fisika, mengembangkan keterampilan kritis dan meningkatkan rasa percaya diri.

Minggu terakhir program kerja menjadi momen spesial, karena menjadi pertemuan terakhir. Mahasiswa mengajarkan beberapa kosakata dalam Bahasa inggris, setelah itu siswa dan siswi diberikan kesempatan untuk menceritakan kesan dan pesan selama proses kegiatan "BARCA". Acara ini menjadi ajang berbagi cerita tentang pengalaman selama kegiatan dan pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan keberhasilan program kerja "BARCA" minat baca siswa/I  Desa Bulu semakin meningkat dan  rumah baca kembali menjadi tempat ramai dikunjungi. Mahasiswa KKN-T IPB University membuktikan bahwa dengan semangat kerjasama dan kepedulian terhadap pendidikan, mereka mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat di tengah-tengah masa sulit akibat pandemi COVID-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline