Lihat ke Halaman Asli

Lisfa AgustinGirsang

Mahasiswa HKBP NOMMENSEN

Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak

Diperbarui: 10 Juli 2022   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Halo sobat baca! 

Pada artikel ini saya akan membahas tentang apa pengaruh gadget terhadap perkembangan anak.

Gadget merupakan barang canggih yang di ciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan. Gadget juga merupakan media yang muda dipakai sebagai alat komunikasi modern dan semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia. 

 Gadget terus berinovasi dari waktu ke waktu membuat hidup manusia lebih praktis. 

Penggunaan gadget bukan hanya dikalangan dewasa tetapi sekarang sudah sampai pada jangkauan anak-anak. 

Dapat kita lihat bahwa di zaman modern ini banyak anak-anak yang sudah mengerti cara mengaplikasikan gadget padahal mereka belum tau membaca jangankan membaca mengenal huruf atau berbicara dengan lancar saja belum bisa. 

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak dapat berakibat buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain: anak menjadi pribadi yang tertutup karena jarang berkumpul atau bermain dengan teman sebayanya, gangguan tidur, suka menyendiri karena tidak tahu cara bersosialisasi, pudarnya kreativitas anak, dan ancaman bullying yang akan di terima. 

Gangguan sensorik anak juga bisa tidak berfungsi karena hanya selalu memegang gadget. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam pengawasan bermain gadget. 

Kita dapat melatih sensorik, kreativitas, dan sosialisasi anak dengan mengajak anak bermain di luar rumah dan bermain dengan teman sebaya masih banyak permainan anak-anak yang lebih baik, dan lebih bermanfaat untuk pertumbuhan anak. 

Jadi mari ajak anak untuk bermain bersama Jagan manjakan anak dengan fasilitas Gadget yang dapat mempengaruhi perkembangan anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline