Lihat ke Halaman Asli

Lisfa AgustinGirsang

Mahasiswa HKBP NOMMENSEN

Semakin Merosotnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Indonesia

Diperbarui: 30 Juni 2022   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai sobat baca!

Ini adalah artikel pertama saya. Di artikel pertama ini saya akan membahas mengapa penggunaan Bahasa Indonesia semakin merosot.

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang di keluarkan menggunakan alat ucap manusia. 

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Indonesia dan digunakan dalam komunikasi dengan orang lain, dan menjadi pemersatu bangsa.

Saat orang dari suku Jawa bertemu orang dari suku Batak maka mereka akan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. 

Namun sayangnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin menurun setiap tahunnya. Terlebih dikalangan anak muda, anak muda lebih banyak menggunakan bahasa yang tergolong santai baik di situasi formal maupun non formal yang sering disebut sebagai bahasa gaul. 

Banyak anak muda di kota yang lebih nyaman menggunakan bahasa gaul dalam kehidupan mereka baik itu di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, terlebih di lingkungan pertemanan. Bukan hanya di kota anak di desa saja sudah mulai terpengaruh dengan pemakaian bahasa gaul ini seperti di lingkungan tempat tinggal saya anak- anak sudah mulai menggunakan bahasa gaul saat bercengkrama dengan teman sebaya mereka. Hal ini justru semakin mengancam penggunaan bahasa Indonesia sendiri. 

Bukan hanya bahasa gaul saja yang membuat bahasa Indonesia semakin menurun tetapi juga bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional. Setiap orang berlomba-lomba untuk belajar Bahasa Inggris, orang tua memasukkan anaknya ke tempat kursus bahasa Inggris dan menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. 

Nyatanya masih banyak faktor penyebab semakin merosotnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Yuk komen di bawah apa saja bahasa gaul yang sering kalian gunakan dalam bercengkrama dengan teman kalian.

Yuk, mulai kurangi penggunaan bahasa gaul agar pengguna bahasa Indonesia semakin naik. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan bahasa nasional kita, siapa tahu di hari depan bahasa Indonesia juga bisa menjadi bahasa internasional. Yuk mulai dari diri kita. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline