Lihat ke Halaman Asli

lisett

student

Anthony Tan Membawa Perubahan pada Kesuksesan Grab

Diperbarui: 19 Desember 2021   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

liputan6.com

Siapa yang tidak mengenal nama Aplikasi Grab ? didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling pada tahun 2012 dan berasal dari Singapura. Anthony Tan menjabat sebagai CEO dari Grab dan merupakan salah satu orang yang membawa kesuksesan bagi Grab. Implementasi dari Kesuksesan ini ialah meluasnya pangsa pasar dari Grab, yang berawal dari Malaysia merambah pada pangsa pasar di Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Ide awal adanya Grab dikarenakan Anthony Tan mendengar keluhan dari temannya mengenai layanan taksi di Malaysia yang cukup mahal dan kerap salah rute. Namun, pada saat itu Anthony Tan masih menjadi mahasiswa di Harvad Business School bertepatan dengan adanya tugas kuliah maka Anthony Tan mempresentasikan jawaban persoalan ini dengan membawa konsep ride sharing yang dipresentasikan di kompetisi Business plan tahun 2011 di Harvard Business School. Lalu dari situ, Anthony Tan dan Tan Hooi Ling bersama membuat dan meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama MyTeksi di malaysia pada tahun 2012 dan tidak lama mengubah lagi nama aplikasinya menjadi GrabTaxi serta tidak bertahan lama berganti lagi namanya menjadi Grab.

Grab juga merambah pangsa pasar Indonesia dan Vietnam yaitu pada tahun 2014. Di tahun ini, Anthony berinovasi pada rental mobil dan mobil pribadi yang dijadikan bagian dari GrabCar. Usaha ini membuahkan hasil sehingga membuat GrabCar resmi beroperasi sampai sekarang. Setelah inovasi GrabCar Anthony tidak berpuas diri dan berinovasi kembali. Setelah empat bulan tepatnya pada bulan november 2014 meluncurkan GrabRide, setahun kemudian meluncurkan GrabExpress, pada awal 2016 menghadirkan GrabPay. Pada saat itu GrabPay merupakan satu-satunya pembayaran digital yang sudah mengantongi lisensi e-money di dalam 6 negara ASEAN. Hingga saat ini, Grab mempunyai 9 layanan di Aplikasinya. Layanan tersebut terdiri dari layanan transportasi, pengantaran barang, makanan, top-up untuk berbagai pengisian pulsa, token, voucher game, dan pembayaran tagihan.

Berawal dari tugas kuliah Anthony Tan, beliau berhasil memberikan jawaban atas permasalahan yang dikeluhkan oleh temannya. Setelah berhasil mendirikan Grab dengan rekannya, Anthony Tan berinovasi untuk menjawab permasalahan yang dikeluhkan oleh orang lain sehingga menciptakan 9 layanan di dalam aplikasi Grab. Hal ini mencerminkan bahwa inovasi dan perubahan dapat membawa kesuksesan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline