Lihat ke Halaman Asli

lisett

student

Pengertian dan Teori Leadership

Diperbarui: 14 Desember 2021   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Leadership atau kepemimpinan merupakan sebuah pengaruh yang menghubungkan antara seorang pemimpin dan pengikutnya atau bawahannya yang menginginkan adanya perubahan dan hasil nyata sehingga dapat mencerminkan tujuan yang sama.

Dari definisi yang sudah dijelaskan tentang kepemimpinan atau leadership, ada beberapa teori kepemimpinan yang dapat dikategorikan menjadi enam pendekatan yaitu, Great Man Theories, Trait Theories, Behavior Theories, Contingency Theories, Influence Theories, dan Relational Theories.

Pertama, Great Man Theories merupakan pendekatan pertama tentang aliran pemimpin mempunyai kepercayaan atau keyakinan bahwa pemimpin lahir dengan ciri-ciri atau karakteristik kepemimpinan heroik tertentu dan kemampuan serta bakat alami.

Kedua, Trait Theories merupakan kepemimpanan yang harus memenuhi ciri-ciri atau karakteristik tertentu, seperti kecerdasan atau energi yang membedakan mereka dari nonpemimpin dan orang yang berkontribusi pada kesuksesan.

Ketiga, Behavior Theories merupakan teori kepemimpinan yang membicarakan mengenai apa yang sebenarnya dilakukan oleh para pemimpin dalam pekerjaannya, seperti tanggung jawab, peran, dan beberapa kegiatan yang dilakukan.

Keempat, Contingency Theories merupakan para pemimpin dapat menganalisis situasi mereka dan menyesuaikannya perilaku mereka untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan.

Kelima, Influence Theories merupakan teori yang memeriksa proses pengaruh antara pemimpin dan pengikut.

Keenam, Relational Theories merupakan bagaimana pemimpin dan pengikut berinteraksi dan mempengaruhi seseorang. kepemimpinan yang dipandang secara bermakna dengan melibatkan semua orang dan memungkinkan setiap orang dapat berkontribusi untuk mencapai visi tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline