Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Untag di Surabaya Berusaha Meningkatkan Minat Literasi Dalam Mengatasi Kecanduan Gadget

Diperbarui: 28 Juni 2022   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( 28/06/2022, Lisef Adinda Veliasari, Surabaya )

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dapat dikembangkan melalului kegiatan pengabdian masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini, mahasiswa diperankan dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/ pengembangan masyarakat.

Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.setelah mendapatkan materi perkulian yang dapat berguna dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat.

Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Untag Surabaya Lisef Adinda Veliasari yang dibawah bimbingan Bapak Lukman Hakim , S.Fill.,M.Phil sebagai dosen pembimbing lapangan. Pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan secara mandiri. Selain itu juga bekerjasama dengan anak – anak dan remaja di Kalijudan XII, RT 01 RW 05, Surabaya dalam kegiatan meningkatkan minat literasi kepada anak – anak dan remaja di tengah kecanduan gadget. Sabtu (04/06/2022) kemarin.

Dengan melakukan pendampingan dan mengedukasi tentang  pentingnya dalam meningkatkan kegiatan literasi dan  dampak negatif penggunaan gadget agar bisa tahu dampak besar kedepanya.

Lisef mengatakan bahwa banyak anak – anak dan remaja mulai memiliki ciri – ciri kecanduan gadget karena sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget dan membuat pola pikir mereka menjadi menurun, seperti sering kali tidak mementingkan pelajaran maupun tugas sekolah.

"Program KKN ini dilakukan untuk membantu anak – anak dan remaja yang sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget yang bila keadaan itu dilakukan terus menurus dapat mengakibatkan kecanduan gadget maka dari itu perlunya kegiatan produktif yaitu kegiatan Literasi," kata lisef. 

Lisef menjelaskan bahwa dalam kegiatan meningkatkan SDM dengan anak – anak dan remaja dapat dilakukan melalui edukasi, pendampingan serta membantu dalam kegiatan literasi dan memberi buku panduan tentang pentingnya literasi dan dampak negatif pemakaian gadget yang berlebihan.

Dengan adanya KKN dengan program meningkatkan minat literasi upaya pencegaan kecanduaan gadget ini anak – anak dan remaja sangat terbantu dan mengucapkan terima kasih kepada pelaksana dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memberikan pendampingan ini.

#UntagSurabaya

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline