Lihat ke Halaman Asli

lisan dipo

PERBEDAAN ITU BUKAN MASALAH TAPI YANG MASALAH ITU APABILA SUKA MEMBEDA-BEDAKAN

Visi dan Misi Guru Nyentrik dari Blora

Diperbarui: 23 Juni 2018   03:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jerry puspitasari. Foto: YouTube Jerry

BLORA juni 2018Banyak teori dan konsep tentang pengelolaan kelas yang baik, efektif dan efisien. Tentu menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk tampil secara optimal megeluarkan kemampuan dan keterampilannya dalam mentransfer ilmu dan mentransformasi nilai dalam proses belajar mengajar.

Berbagai strategi pembelajaran, metode, dan teknik pembelajaran diaplikasi dalam meraih tujuan pembelajaran yang berhasil guna dan berdaya guna, tercapainya perubahan perilaku, peningkatan pengetahuan, perbaikan serta peningkatan kualitas sikap peserta didik, sekaligus tercapainya target kurikulum.

Disini Kami Ingin Mengorek kisah dan Perjuangan GURU NYENTRIK Dari Kab.Blora Yang Tanpa Lelah Selalu Mendidik siswa/siswinya Untuk menjadi Generasi Yang Tangguh dan Mengedepankan adab sopan santun,

Nama Asli Jerry Puspitasari Seorang Guru Sosiologi Di SMA N 1 JEPON Kab.Blora Selain menjadi Guru Ternyata juga suka main musik,Pembawa Acara,Suka Traveling dll.Hampir Satu jam kami Ngobrol dan sambil ngopi Dengan Guru Nyentrik, Karena Penasaran kami Beranikan Diri untuk Bertanya dan Mengupas Tentang  NYENTRIK itu apa,Dengan Senang Hati Dia menjelaskan Semuanya NYENTRIK Itu.Kata Dia,(NYENENGIN, TANGGUH, RESPONSIF, INSPIRATIF DAN KREATIF) . 

Sosiologi merupakan salah ilmu sosial yang mempunyai peran penting dalam berbagai kehidupan di dalam masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi. Misalnya mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut.  

Untuk itu siswa/siswi perlu didorong untuk berfikir kritis dan kreatif  dalam menghadapi perubahan dengan cara diberi kesempatan berfikir secara mandiri untuk mengkonstruksi kemampuannya. Guru bertanggung jawab penuh atas ketercapaian tujuan pengajaran di sekolah. Untuk menjalankan tugas tersebut, guru harus menguasai kurikulum,  materi, metode pembelajaran dan evaluasi belajar. 

Guru tak hanya memenuhi kriteria tersebut, namun juga NYENTRIK (NYENENGIN, TANGGUH, RESPONSIF, INSPIRATIF DAN KREATIF) sehingga dapat meningkatkan kualitas peserta didik sebagai anak bangsa yang diharapkan dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan mencintai negaranya. Kata Dia Visi saya sebagai guru adalah menjadi "GURU NYENTRIK (Nyenengin, Tangguh, Responsif, Inspiratif Dan Kreatif) untuk  memotivasi siswa/siswi menghadapi tantangan di era modernisasi dan globalisasi di masa depan tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya bangsa". 

Adapun misi untuk menunjang visi saya adalah sebagai berikut.

1) Mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan sebagai guru.

2) Melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, beretos kerja tinggi, disiplin, dan bertanggung jawab, pantang menyerah, responsif.

3) Mendidik dan mengajar dengan sepenuh hati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline