Lihat ke Halaman Asli

Masih Adakah Semangat Nasionalismemu?

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1380949876979626432

Masih ingatkah kita akan kata-kata yang keluar dari mulut Sang Proklamator, “Beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncang dunia” yang memiliki makna sangat dalam khususnya bagi para pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk selalu menjadi agen perubahan seperti halnya Soekarno pada masanya.

Mungkin kita belum mendengar, bahwa tiga minggu yang lalu (25/09/2013) telah dilaksanakan Seminar Kepemudaan di Hotel Mega Proklamasi, Mentang, Jakarta Pusat yang dimotori oleh DPP Pemuda Nasional bertemakan “Meningkatkan Peran dan Partisipasi Pemuda, Upaya Membangun Semangat Nasionalisme Demi Kedaulatan NKRI”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 80 orang peserta diantaranya Mustafa Khaidir (Pemimpin Pemuda Nasional), Agus (Perwakilan Kemenpora), Nia Elvina (Pengamat Sosial Muda), Fardly Alimin Hasyim (Ketua DPP KNPI), M. Niko Kapisan (Ketua Umum PN GMII), Muhammad Harris Indra (DPP Gerindra).

Dalam seminar tersebut diperoleh catatan penting, khususnya bagi para pemuda dan pemudi bangsa untuk dijadikan sebagai inspirasi dan bekal dalam meningkatkan peran dan partisipasinya membangun semangat nasionalisme di era globalisasi.

  1. Pemuda Indonesia kini memiliki 3 peran, pertama, pemuda sebagai agen perubahan yang merupakan pelaku utama perubahan bukan hanya sebagai pelengkap. Kedua, pemuda sebagai sosial kontrol bagi pemerintah, swasta dan masyarakat. Ketiga, pemuda sebagai kekuatan moral bangsa.
  2. Pemuda harus menjadikan para foundingfather sebagai contoh pedoman.
  3. Globalisasi merupakan tantangan yang dapat membuat nilai-nilai nasionalisme menjadi menurun.
  4. Budaya kapitalisme telah menyebabkan para pemuda kini cenderung menginginkan segala sesuatu menjadi instan tanpa memikirkan proses.
  5. Saat ini pemuda Indonesia terlalu banyak berpikir namun tidak banyak yang bekerja atau mengaktualisasikan pikirannya.
  6. Globalisasi bukanlah hal yang harus ditakuti atau dihindari melainkan globalisasi harus dihadapi oleh para pemuda.
  7. Para pemuda harus percaya diri dan melalui segala proses harus siap untuk membangun masa depan yang lebih baik dibanding saat ini.
  8. Para pemuda Indonesia harus mengerti jati diri bangsa, karena ketika pemuda melupakannya, maka masa depan Indonesia akan terpuruk.

Seminar tersebut cenderung nasionalis dalam menginspirasi pemuda untuk membangun Indonesia di masa mendatang demi Kedaulatan NKRI, namun tanpa menghilangkan sikap kritis terhadap isu yang berkembang atas rencana pemerintah (Kemenpora) memberikan batasan umur terhadap anggota organisasi pemuda (16-30 tahun).

"SEMOGA PARA PEMUDA DAN PEMUDI BANGSA INDONESIA MAMPU MENJAWAB

TANTANGAN SANG PROKLAMATOR... (seperti gambar di bawah ini)".

[caption id="attachment_283264" align="aligncenter" width="452" caption="(kdri.web.id)"]

1380950387390311689

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline