Lihat ke Halaman Asli

Lisa Angelia

Mahasiswa

Museum Transportasi Glasgow Riverside

Diperbarui: 19 Desember 2022   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Arsitek : Zaha Hadid

Luas : 7000 ft

Museum yang berlokasi di Skotlandia ini dirancang oleh arsitek terkenal internasional, Zaha Hadid. Dibuka pada tahun 2011 setelah dibangun selama empat tahun, dengan lebih dari 3.000 objek dari koleksi kota yang terkenal di dunia ditampilkan di dalamnya.

The Riverside Museum menjadi museum modern yang paling signifikan secara arsitektural di mana pameran dan bangunan bersatu di lokasi yang menonjol dan bersejarah dan akan menjadi bagian dari masa depan kota sebagai pusat inovasi.

Glasgow adalah kota yang berubah, dari gurun bekas industri, menjadi tujuan global untuk budaya dan olahraga. Terletak di persimpangan sungai di mana Kelvin mengalir ke Clyde, Museum Riverside melambangkan hubungan dinamis dimana museum adalah suara dari keduanya (kota dan sungai), yang menjadi transisi satu sama lain dan mendorong konektivitas antara pamerannya dengan konteks yang lebih luas.

Karya Hadid menghancurkan formalisme klasik, modernisme terikat aturan dari Mies van der Rohe dan Le Corbusier dan aturan ruang lama --- dinding, langit-langit, depan dan belakang, sudut siku-siku. Dia kemudian menyusun kembali mereka sebagai apa yang ia sebut "cairan baru" dari berbagai titik perspektif dan geometri yang seolah-olah telah dibentuk dari satu elemen awal yang hilang, kemudian ditarik, didorong dan dipelintir untuk membuat bangunan di mana dinding, lantai, dan langit-langit mengalir satu sama lain tanpa titik putus yang jelas.

Pada konsep Museum Riverside, hampir konvensional menurut standar Hadid, paling tidak dinding dan atapnya dapat diidentifikasi. Hadid mengatakan, bangunan itu seharusnya mewakili gelombang atau lipatan yang mengalir dari kota ke sungai. Atap zig-zag berlapis seng menggemakan riak air di dekat sungai Clyde. Bangunan dinamis seperti itu cocok untuk museum transportasi; baik secara internal maupun eksternal bangunan berkelok-kelok dan mengalir di sekitar ruang yang ditempatinya. Pendekatan Hadid yang tidak biasa ke Museum Riverside menjadikannya ikon cakrawala Glasgow.

Bangunan yang memiliki bagian depan berlapis kaca setinggi 36 meter menghadap ke Sungai Clyde ini mengungkapkan kisah yang kaya dan beragam tentang pencapaian besar dan terobosan teknologi Kota Glasgow.

Museum ini menampung koleksi transportasi dan teknologi kota yang luar biasa, yang telah dikumpulkan selama berabad-abad dan mencerminkan bagian penting Glasgow di dunia melalui kontribusinya pada industri berat seperti pembuatan kapal, manufaktur kereta api, dan teknik.

Pada pembukaan museum penasihat Matheson berkata: "Sejarah Glasgow sebagai raksasa industri, pemimpin global dalam bidang teknik dan pembuatan kapal, dirayakan dalam mahakarya arsitektur yang menunjukkan bahwa kami tetap terdepan dalam desain dan teknologi".

Gabungan kompleksitas geometris dengan kecerdikan struktural dan keaslian material yakni berbahan rangka baja, penghiasan berupa logam bergelombang, selongsong seng, dan permukaan interior gipsum yang diperkuat kaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline