Lihat ke Halaman Asli

Studi Kasus PPG Daljab

Diperbarui: 25 Februari 2024   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ppl/dok. pri

IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI KELANGKAAN SEBAGAI PERMASALAHAN EKONOMI DI KELAS VII B SMP NEGERI 2 MASARAN

Disusun oleh: Lis Wiji Harsiwi

DESKRIPSI STUDI KASUS

Studi kasus ini mengungkapkan tentang kurangnya kemampuan peserta didik   dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi di kelas VII B SMP Negeri 2 Masaran, Sragen. Sebanyak 75% peserta didik belum memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi.  Oleh karena itu penulis mencoba mencari solusi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi

ANALISIS SITUASI

Sebelum dilakukan kegiatan PPL pada siklus II  dan berdasarkan hasil pengamatan  di kelas VII B, guru dalam penyampaian materi  kurang menarik karena tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik, sehingga peserta didik kurang memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi. Pada saat itu peranan penulis sebagai guru pengajar di kelas tersebut

Adapun tantangan yang dihadapi saat itu adalah bagaimana memilih model pembelajaran, metode, materi ajar, media pembelajaran dan instrumen penilaian agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Selain itu hambatan teknis yang perlu diantisipasi adalah menstabilkan signal internet dan ketersediaan listrik yang digunakan dalam pembelajaran. Apalagi saat itu sering hujan deras dan angin kencang yang mempengaruhi signal internet.

ALTERNATIF SOLUSI

Untuk mengatasi permaslahan diatas, maka penulis melakukan eksporasi alternatif solusi permasalahan. Berdasarkan hasil kajian sumber daya seperti literatur dan wawancara dengan nara sumber maka diputuskan untuk menggunakan model pembelajaran discovery learning. Materi yang disampaikan pada pembelajaran tersebut sudah di adaptasi, modifikasi, serta dilakukan inovasi sehingga peseta didik dapat memahami materi dengan mudah.

EVALUASI

Setelah dilakukan praktek PPL menggunakan model pembelajaran discovery learning, maka kemampuan peserta didik dalam memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi meningkat. Dari 75% peserta didik yang belum memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi tersebut turun hingga bersisa 10% saja. Kemudian dampak dari pembelajaran tersebut menjadikan pembelajaran itu lebih menarik. Peserta didik yang sebelumnya kurang memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi menjadi lebih memahami materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline