Lihat ke Halaman Asli

Guru PAUD Hebat

Kindergarten Teacher

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Merangkai Huruf Menjadi Kata Dengan Media Stik Huruf Pada Kelompok B

Diperbarui: 20 Februari 2024   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1: Media Stik Huruf/dokpri

Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal dan merangkai huruf menjadi kata, dimana mengenal huruf merupakan tahapan awal literasi dan pengenalan tahap pembelajaran berikutnya, dalam mengenal huruf tentunya anak memerlukan pembelajaran dan media yang menyenangkan agar anak tertarik dan bersemangat dalam kegiatan.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Kurangnya peran orang tua dalam kosa kata dan nama benda yang ada dilingkungannya
  • Kurangnya kepercayaan diri anak ketika merangkai huruf menjadi kata
  • Metode yang digunakan kurang tepat sehingga anak belum paham dan tidak tertarik
  • Kurangnya konsentrasi anak ketika guru menjelaskan kegiatan merangkai huruf
  • Kurangnya stimulasi yang diberikan oleh guru sehingga kuranganya pengetahuan anak dalam kegiatan merangkai huruf
  • Kurang menariknya media yang digunakan dapat mempengaruhi kegiatan anak merangkai huruf
  • Kurang kemampuan membaca pada anak, sehingga anak menjadi kesulitan ketika merangkai huruf menjadi kata

Gambar 2: Implementasi Stik Huruf/dokpri

Adapun proses da;am strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi adalah

  • Melakukan perencanaan dengan membuat dan mempersiapkan perangkat
  • Mengkondisikan anak didik dan memahami karakteristik anak
  • Berkoordinasi dengan, teman sejawat dan orang tua siswa tentang rencanapelaksanaan praktik
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEAM
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan pendekatan TPACK melalui tayangan tayangan video tentang tema
  • Guru menyediakan media yang mudah dan menarik untuk memperjelas dalam penjelasan tema

Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan hasilnya sangat efektif karena :

  • Terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
  • Anak antusias dan senang dalam kegiatan tersebut
  • Anak tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
  • Penilaian hasil, adanya peningkatan kemampuan yang dicapai tingkat mampu respon orang terkait Patner/ teman sejawat merasa senang karena mendapat pengalaman dan pengetahuan

Penulis,

Erlina Sri Idawati, S.Pd

TK Mardisunu Tanjungsari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline