Lihat ke Halaman Asli

Ayu Safitri

Trainer dan Konsultan Homeschooling

Cara Mengatasi Banyaknya Ancaman Putus Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 21 Juni 2021   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sejak merebaknya virus covid-19 pada awal tahun 2020, berakibat mengubah tatanan kehidupan dalam semua bidang.

Masa pandemi merupakan kondisi dimana wabah ini terjadi menyeluruh/global. Menurut WHO, wabah penyakit ini terjadi jika kejadiannya itu secara menyeluruh dan tersebar keseluruh dunia. Penyakit ini mengakibatkan aktifitas yang biasa dilakukan manusia menjadi serba berubah, dari yang awalnya aktifitas dikerjakan diluar rumah, untuk kondisi sekarang ini harus dikerjakan dirumah. Walaupun demikian setalah dilakukan beberapa bulan pada masa pandemi ini ternyata hal tersebut dinilai kurang efektif dan kurang maksimalnya pekerjaan.

Beberapa sektor yang kena imbasnya dari pandemi yaitu dari sektor ekonomi dan dan sektor pendidikan. Di sektor pendidikan ini juga mengakibatkan dampak ditutupnya madrasah/sekolah diseluruh wilayah di Indonesia. Hal tersebut agar penyebaran virus covid-19 ini segera hilang, oleh karena itu pencegahan harus dilakukan secepat mungkin, sehingga nantinya dapat dilaksanakan kembali pembelajaran tatap muka seperti sedia kala.

Bertatap muka langsung dalam dalam setiap kegiatan pembelajaran, untuk saat sekarang ini dimasa pandemi menjadi pembelajaran yang dilangsungkan dirumah, karena untuk menghindari paparan virus yang semakin massif dari waktu kewaktu. Penggunaaan fasilitas internet menjadi salah satu cara untuk menyampaikan materi ataupun informasi lainya ketika pembelajaran jarak jauh.

Proses pembelajaran pelaksanaanya harus tetap ada, karena peserta didik mempunyai hak untuk belajar. Karena bagaimanapun peserta didik merupakan penerus bangsa. Lembaga pendidikan yang berperan dalam proses pembelajaran yaitu sekolah. Sekolah harus cepat dalam menanggapi permasalahan pandemi covid-19 ini yang tak kunjung mereda dengan berusaha agar proses pembelajaran dapat tetap dilakukan secara efektif.

Kondisi seperti ini menyebabkan peserta didik mengalami penurunan dalam kualitas belajarnya baik dari segi berfikir, pengetahuan terlebih psikomotoriknya. Untuk itu harus adalangkah-langkah yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan yaitu peserta didik, pendidik, orang tua serta pemerintah agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif digunakan dalam kondisi sekarang ini.

Pembelajaran jarak jauh ini dapat dilakukan dengan menggunakan media yang mendukung seperti smartphone maupun laptop. Smartphone merupakan media yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran saat ini, yang disertai dengan penggunaan fasilitas internet agar lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi secara cepat, sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih interaktif dan tidak pasif.

Dalam penggunaannya smartphone memiliki beberapa manfaat, yaitu pertama, smartphone ini merupakan alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mudah sehingga menbantu peserta didik jika mempunyai kesulitan dalam belajar. Selain itu alat ini juga efektif dalam penyampaian materi pelajaran dan menjadikan aktivitas belajar yang dilaksanakan tidak pasif serta mengatasi kendala-kendala yang muncul ketika pembelajaran jarak jauh.

Namun dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis online atau internet tersebut masih banyak menjumpai kendala yang terjadi dibeberapa sekolah terlebih di sekolah dasar, baik pendidik, peserta didik, maupun orang tua/wali peserta didik. Pada masa sekarang ini yang masih dalam suasana pandemi yang menjadi media utama dalam pembelajaran adalah internet, tetapi banyak masalah yang dikeluhkan oleh yang bersangkutan dalam proses pembelajaran ini, yaitu jangkauan jaringan internet yang sulit didapatkan terlebih pada tempat yang terpencil, kemudian dari segi ekonomi yaitu tidak semua memiliki smartphone, selain itu pengeluaran untuk membeli paket data, sehingga menjadikan keberatan bagi orang tua dan peserta didik tentunya.

Kedua, Smartphone ini dapat menciptakan cakupan yang meluas, yang menjadikan semua pihak mudah dalam beraktifitas dalam segala hal, termasuk pihak yang besangkutan dalam kaitannya pembelajaran yaitu peserta didik, pendidik dari awal menyampaikan materi pelajaran, kelancaran dalam prosesnya, sampai memahamkan siswa sehingga siswa dapat menerima dan mengakses materi pembelajaran.

Namun, pada saat wabah covid-19 ini terjadi masih ada tempat-tempat yang tidak bisa melancarkan pembelajaran. Persoalan yang sering terjadi yaitu mengenai kurangnya ketrampilan dalam menggunakan media smartphone yang berbasis internet ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline