Lihat ke Halaman Asli

Merdeka itu Peduli

Diperbarui: 18 Agustus 2016   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perjuanganku jauh lebih mudah, karena aku berjuang melawan penjajah. Sementara perjuanganmu akan jauh lebih sulit karena Engkau akan melawan bangsamu sendiri” – Ir. Soekarno

Kemarin terdengar begitu luar biasa pekik-pekik dan kumandang kata “MERDEKA” di seantero Inndonesia. Siaran televisi berebut dan berlomba menyuarakan pesta perayaan kemerdekaan republik tercinta ke-71. Pelbagai acara dilakukan: upacara bendera, perlombaan rakyat, diskusi dan perdebatan, hingga tirakatan untuk minta restu Sang Kuasa. Sebagian besar serentak berseru “MERDEKA...MERDEKA....MERDEKA”. Seruan ini menggelitikku untuk bertanya, “Sungguhkah negeriku kini sudah Merdeka? Sekarang ini kita MERDEKA atau MERDEKA?”

Ir. Soekarno – pemimpin negara pertama kita – dengan jeli melihat dan meramalkan bahwa kemerdekaan Indonesia tidaklah sekadar terbebas dari bangsa penjajah. Merdeka tidak sekadar menjadi bangsa mandiri yang bisa “mandi sendiri”: mengurus keuangannya sendiri, kebijakan publiknya sendiri, hukumnya sendiri, pemerintahannya sendiri, dan pelbagai litani lainnya. Merdeka tidak sebatas apa yang dimaknai di tahun 45. Makna merdeka jauh melampaui batas tersebut. Ketika kemerdekaan pada zamannya berarti terbebas dari penjajah, makna kemerdekaan kita seyogianya jauh melampaui kemerdekaan macam itu.

Merdeka dan Kebebasan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata merdeka sebagai (1) bebas atau berdiri sendiri; (2) tidak terkena atau lepas dari tuntutan; dan (3) tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa. Jika kata “merdeka” disandingkan dengan kata “bebas”, menjadi “bebas merdeka” maknanya menjadi “dapat berbuat sekehendak hatinya”.

Definisi KBBI ini membuatku bertanya-tanya, “Apakah merdeka dan kebebasan itu memiliki arti yang sama dan dapat disandingkan di antara keduanya?” Jawaban singkatku adalah “Ya”. Akan tetapi, aku tidak sepenuhnya setuju. Kebebasan macam apa yang bisa disandingkan dengan “merdeka”?

Dalam konteks dan dunia filsafat (terutama filsafat moral), kebebasan dapat diartikan dalam dua jenis. Pertama, “bebas dari...” Maksudnya, kebebasan ini bersifat pasif. Mengartikan kebebasan secara “bebas dari...” mencerminkan kita sebagai pihak yang tertindas atau menderita sehingga setelah terbebas dari pihak penindas, kita dapat bertindak tanpa prinsip (anarkis – Bhs. Yunani: an[tanpa] dan arkhe[prinsip]) dan dapat berbuat sesuka hati. Jika kemerdekaan diartikan dalam rangka “bebas dari...”, kita menggambarkan diri kita sebagai bangsa pasif nan tertindas. Dulu mungkin bisa dibenarkan (pada masa kolonial dan pra-kemerdekaan), akan tetapi apakah sampai saat ini kita masih mengartikan kemerdekaan sebagai “bebas dari...”.

Kedua, kebebasan diartikan sebagai “bebas untuk...”. dalam pengertian ini kebebasan diartikan secara positif-aktif. Ada makna kemandiran (independesi diri) yang bertanggung jawab. Tidak sekadar berbuat sesuka hati, melainkan berbuat secara bertanggungjawab dengan memperhatikan kaidah-kaidah moralitas yang ada dan berlaku umum. Dalam definsi kedua ini, penekanannya bukan pada pihak di luar diri, melainkan diri kita sendiri. Oleh karena itu, dalam konteks kemerdekaan Indonesia, “bebas untuk...” menekankan kemandirian bangsa Indonesia untuk bertindak sesuai dengan kaidah moralitas dan kemanusiaan yang ada.

Fusi Horizon

Mungkin kita bertanya-tanya,”mengapa ada perbedaan makna KEMERDEKAAN pada zaman Soekarno dan pada masa kita?” Kalau kita telaah dari perkataan Soekarno di atas, jawaban sederhannya adalah adanya perbedaan lawan bangsa Indonesia. Kalau pada masa Soekarno, lawannya adalah bangsa penjajah, pada masa kita lawan kita adalah bangsa dan saudara kita sendiri. Namun, sungguhkah demikian?

Saya ingin menggunakan teropong dan kacamata seorang filsuf kontemporer Jerman yang berfokus perihal penafsiran dan pemaknaan sesuatu. Dia adalah Hans Georg Gadamer. Pertanyaan dasar Gadamer adalah mengapa teks yang seorang baca dengan orang lain akan bermakna berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apa yang membuat berbeda, sementara bacaannnya sama. Dalam konteks perbincangan kita, “apa yang membuat “merdeka” zaman Soekarno dan “merdeka” zaman kita menjadi berbeda?”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline