Lihat ke Halaman Asli

Dampak Besar Media Sosial

Diperbarui: 16 Maret 2023   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tak mengenal media sosial saat ini? Tiktok,Twitter, Instagram, dan lainnya. Media sosial telah merajai tangga digitalisasi komunikasi. Tak kenal umur, siapa saja bisa beropini dan berkontribusi dalam penggunaannya. Tak dapat dipungkiri, pengguna media sosial di Indonesia sudah merata ke segala aspek kehidupan. Baik informasi, hiburan dan lainnya. Media sosial sangat mudah diakses cukup bermodalkan dengan internet maka informasi jadi lebih mudah dicari dan didapatkan.

Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia, tepatnya di Januari 2023. Tercatat 109,90 juta pengguna sosial media tiktok di dalam negeri.

Data statistik pengguna TikTok di Indonesia

data-statis-tiktok-6411e8ea08a8b56c2c3e43a6.png

TikTok merupakan media sosial yang ramai digandrungi oleh masyarakat. Di balik dampak negatif  media sosial TikTok yang masih mempengaruhi publik, terdapat dampak positif  yang berpengaruh besar bagi persebaran informasi, misalnya edukasi  dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, pekerjaan, public speaking, dan lain-lain.  Ada banyak content creator di media sosial TikTok yang memberikan edukasi dengan konten yang menarik sehingga pengguna TikTok yang tertarik oleh konten tersebut dengan otomatis menerima benefitnya.

Berikut ini adalah content creator dengan personal branding bidang edukasi

  • Farhan M (@farhanzubedi) 

Akun TikTok @farhanzubedi

farhan-6411e9dc3555e4037a3cb372.png

Dr Farhan M merupakan seorang dokter dan seorang konten kreator TikTok. Konten yang ia buat berisikan edukasi seputar kesehatan bagi masyarakat dan sangat bermanfaat. Oleh karena itu,  jumlah pengikut pada akun TikToknya sebanyak 2,5 juta.

  • Chandra Putra Negara (@successbefore30)

Akun TikTok @successbefore30 

ss-6411e93a4addee6ecc1cfb32.png

Chandra Putra Negara, pebisnis serta motivator berkewarganegaraan Indonesia yang pernah mengalami kebangkrutan dan lalu saat ini menjadi miliarder. Konten TikTok berisikan edukasi seputar keungan dan bisnis serta motivasi. Oleh karena itu, jumlah pengikut pada akun TikToknya sebanyak 212,4Juta.

  • Vina Muliana (@vmuliana)

Akun TikTok @vmuliana 

vina-6411ea1e3555e40889327142.png

Vina muliana merupakan konten kreator TikTok yang membuat konten berisikan edukasi seputar pekerjaan. Didalam konten yang dibuatnya ia juga sering membahas seputar membuat cv kerja dengan benar lalu konten yang dibuatnya mendapatkan respon positif dari pengguna TikTok dan jumlah pengikut pada akun TikToknya sebanyak  6,8Juta.

  • Teuku Daffa (@daffaspeaks)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline