Lihat ke Halaman Asli

Cara Puan, dengan Sport Science, Optimalkan Olahraga Nasional

Diperbarui: 9 Juni 2017   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sport scienceadalah bagian dari kemajuan teknologi modern guna mendorong kemajuan olahraga. Sejauh ini, peranan dari sport sciencebegitu penting. Banyak negara-negara maju mempergunakannya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia, mengikuti negara-negara lainnya, memang telah berusaha untuk turut serta mendorong olahraga nasional melalui sport science ini. Pemerintah menyadari betapa pentingnya memanfaatkan pendekatan ilmiah dalam memajukan olahraga. Kesadaran ini menyatakan bahwa apabila tidak segera menggunakan pendekatan ilmiah ini, Indonesia bisa kalah jauh, tertinggal jauh dari olahraga negara-negara lain yang begitu tekun dan konsisten memanfaatkannya.

Puan mengatakan memang Indonesia telah menggunakan sport science. Tetapi menurutnya memang belum optimal. Dia berharap ada upaya untuk terus meningkatkan secara serius. Bentuk keseriusan ini dalam pandangan Puan haruslah dilakukan dengan cara bekerjasama dengan Korea Institute of Sports Science(KISS). Korea Selatan sendiri telah membuktikan betapa besar dari kontribusi KISS dalam meningkatkan kemajuan olahraganya.

"Oleh karena itu, untuk mencapai sukses prestasi Asian Games 2018, saya berharap KISS dapat bekerjasama dengan Pemerintah dan Institusi Pendidikan Indonesia untuk meningkatkan prestasi dan kinerja atlet nasional," urai Menko PMK.

Pendekatan ilmiah dalam olahraga di Indonesia sejauh ini memang telah dilakukan oleh sebagian Perguruan Tinggi. Kesadaran untuk menggunakan pendekatan ilmiah demi peningkatan olahraga pelan-pelan tapi pasti telah menyadarkan civitas akademika. Menurut Puan, hal ini tentu saja adalah hal yang membahagiakan. Keseriusan pihak akademi dalam meningkatkan olahraga patut mendapat  dorongan dari pemerintah. Menko PMK berharap agar dilakukan kerjasama oleh Kementerian teknis guna mengoptimalkan peran Perguruan Tinggi terhadap capaian prestasi olahraga.

"Pemerintah akan secara maksimal memfasilitasi upaya penelitian dan pengembangan demi peningkatan prestasi olahraga. Akan diupayakan integrasi fungsi institut kepada fungsi pembinaan prestasi di pusat--pusat pembinaan olahraga," kata Menko PMK lagi.

Mengingat saran ini begitu penting, pemerintah dan masyarakat perlu turut mendukungnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline