Lihat ke Halaman Asli

Linka Azzahra

mahasiswa

Kolaborasi TosTos x NCT Dream

Diperbarui: 5 Juli 2023   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Brand lokal Dua Kelinci mengeluarkan produk baru dengan nama Tos Tos yang berkolaborasi dengan boy group asal Korea Selatan NCT Dream menjadi perbincangan di kalangan fans, khusunya NCTzen (nama fans NCT). Munculnya iklan Tos Tos dengan NCT Dream sebagai bintang iklannya menarik perhatian dan hangat dibacarakan fans di media sosial Twitter.

Dalam iklan tersebut dapat diliat NCT Dream memegang dan memakan Tos Tos dengan wajah ceria serta member NCT Dream yang mengatakan beberapa kalimat dalam Bahasa Indonesia seperti "Lebih gede, woy" dan "Lebih berasa, cuy". Kalimat yang digunakan inilah yang menjadi sorot perhatian fans.

Ramainya perbincangan mengenai iklan ini di Twitter, memunculkan tagar yang menjadi trending di Twitter yaitu #TosTosxNCTDream. Semakin banyak fans yang ikut dalam penggunaan tagar tersebut tentu saja akan menaikan popularitas cemilan tortilla tersebut sehingga akan banyak orang yang penasaran hingga akhirnya mencobanya.

Kolaborasi antara boy group dan produk lokal ini memiliki manfaat dan keuntungan yang tidak dapat diabaikan. Sebab, terdapat beberapa alasan mengapa menggunakan idol Korea sebagai bintang iklan cukup menjanjikan dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Pertama, popularitas idol Korea di kalangan para fans yang tersebar hampir diseluruh dunia adalah sebuah modal popularitas yang cukup baik untuk mempromosikan produk. Pada kasus Tos Tos ini, NCTzen atau fans dari NCT Dream di hampir seluruh merupakan target pemasaran produk ini yang memiliki potensi besar bagi Tos Tos. 

Bagi fans, ketika idola favorit mereka menjadi bintang iklan atau brand ambassador sebuah produk, penggemar cenderung tertarik untuk membeli dan mencoba produk tersebut sebagai cara mereka untuk mendukung idolanya. Maka, kolaborasi ini dapat memperluas jangkauan target pemasaran perusahaan cemilan Indonesia ini untuk bisa mendunia.

Alasan yang kedua adalah menghadirkan idol Korea sebagai bintang iklan akan menciptakan citra yang positif untuk produk tersebut. Tak sedikit dari fans yang menjadikan idola mereka sebagai sosok yang menginspirasi mereka serta memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan mereka. Citra inilah yang melekat pada idola Korea, maka melibatkan idola Korea dalam pengiklanan suatu produk juga akan memberikan cerminan citra yang positif dan hal ini akan membantu untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk cemilan Indonesia yang diiklankan oleh idol Korea.

Kolaborasi dengan idol Korea ini juga akan meningkatkan daya tarik dan keunikan sebuah produk. Penggemar idol akan cenderung mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan idola mereka, termasuk produk-produk yang mereka promosikan. Keterlibatan idol Korea dalam iklan cemilan Tos Tos ini akan lebih menarik perhatian dan memberikan nilai tambah produk dan akan membuat produk cemilan ini semakin dikenal di pasaran.

Keuntungan ini tak hanya dirasakan oleh perusahaan Tos Tos, melainkan juga akan memberikan manfaat bagi penggemar. Iklan produk ini memberikan ikatan secara emosional yang akan dirasakan oleh fans dengan idolanya. Mereka akan merasa semangat dan bangga ketika melihat idola mereka muncul sebagai bintang iklan. Hasil dari kolaborasi ini NCTzen akan lebih memperhatikan produk Tos Tos dan akan sangat memungkinkan menjadi pelanggan utama dan setia di masa depan, ditambah lagi terdapat rumor bahwa di dalam setiap kemasan terdapat photo card member NCT Dream yang menambah rasa penasaran para fans.

Secara keseluruhan, kolaborasi iklan produk Tos Tos dan NCT Dream adalah langkah cerdas dan menarik untuk memperkenalkan produk Tos Tos kepada target yang lebih luas, sambil menampilkan keceriaan member NCT Drean. Iklan ini berhasil menciptakan kombinasi yang menghibur dan mengunggah selera khususnya bagi para fans dan menjadikan iklan tersebut lebih menonjol dibandingkan iklan produk lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline