Lihat ke Halaman Asli

"Ke luar" dan "Keluar" itu Berbeda lo!

Diperbarui: 2 Juni 2023   06:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

     Apa perbedaan antara kata "keluar" dan "ke luar" ya? Apakah berbeda? Mengapa keduanya dibedakan? Pertanyaan yang kerap muncul ketika mencari perbedaan kedua kata tersebut lantaran keduanya memiliki bunyi yang sama. Memang keduanya seolah tidak ada perbedaan karena memiliki bunyi yang sama. Akan tetapi keduanya mamiliki cara penulisan dan mempunyai arti yang berbeda.

     "Ke" pada kata "ke luar" merupakan preposisi/kata depan yang menandakan tempat atau posisi. Sehingga jika preposisi tersebut ditulis dengan kata lain maka memiliki rangkaian kata depan sebagai penanda dan diikuti dengan kata atau frasa sebagai aksisnya yang menandakan tempat atau posisi yang ada di luar. Kata "ke luar" seperti: ke sana, ke kelas, ke luar. Contoh tersebut merupakan frasa preposisional (frasa yang terdiri atas kata depan sebagai penanda dan diikuti kata sebagai aksisnya. Contoh: saya pergi ke luar kota.

     Berbeda dengan "keluar" yang bukan termasuk frasa preposisional. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "keluar" menjadi verba (kata kerja) yang mempunyai arti "bergerak dari sebelah dalam ke sebelah luar" seperti: keluar dari kelas, keluar dari mobil.

Dari kedua keterangan di atas, terdapat perbedaan diantara kata tersebut dalam tataran kalimat:

  • Kata "ke luar" memiliki fungsi keterangan, sedangkan "keluar" memiliki fungsi sebagai predikat.
  • Kata "ke luar" menandakan tempat, sedangkan " keluar" menandakan aktivitas.
  • Kata "ke luar" memiliki antonim "ke dalam," sedangkan kata "keluar" memiliki antonim "masuk."

Akhirnya kedua perbedaan kata tersebut ditemukan sehingga bisa keluar dari permasalahan dan dapat dibagikan ke luar laman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline