Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Ambiguitas, Yuk!

Diperbarui: 9 September 2022   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata ambigu memiliki arti sesuatu yang memiliki makna lebih dari satu atau memiliki makna ganda. Keambiguan ini sering digunakan seorang pelawak untuk menimbulkan lawakannya. 

Misalnya: Kamu mau tahu?. Kata "tahu" itu memiliki arti lebih dari satu. Pertama, kata "tahu" yang artinya pengetahuan. Kedua, kata "tahu" yang artinya jenis makanan. 

Jadi, Ambiguitas itu merupakan ketidakjelasan arti. Di dalam bahasa, keambiguan itu merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari bahasa, seperti: Rumah seniman antik itu jauh.

Dari contoh tersebut, yang antik itu sebuah rumahnya atau senimannya?. Maka kita musti mengurangi keambiguan terutama di dalam bentuk tulisan. Karena begitu tulisan itu dikirim kepada pembaca, maka sang penulis itu tidak memiliki kuasa terhadap tulisannya. Berbeda dengan ketika kita berbicara, kalau berbicara ini kita bisa punya kesempatan untuk mengganti, misal: oh tidak, maksud saya begini ......

Itu yang disebut dengan keambiguan. Sehingga ambiguitas itu bisa digunakan sesuai dengan konteksnya dan juga tergantung dengan keinginan penutur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline