PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Dalam dunia Pendidikan, kata psikologi pendidikan sudah tidak asing lagi didengar dalam istilah Pendidikan. Psikologi pendidikan merupakan salah satu dari cabang ilmu psikologi yang berfokus pada studi tentang pembelajaran, pengajaran, dan pendidikan. Psikologi pendidikan membahas berbagai macam aspek dalam konteks pendidikan, termasuk proses belajar, motivasi belajar, kecerdasan, pembangunan sosial dan emosional, serta evaluasi dan pengukuran daam kemampuan peserta didik. Dalam konteks pembelajaran, psikologi pendidikan banyak membahas tentang bagaimana peserta didik belajar, seperti faktor yang memengaruhi pembelajaran, strategi pembelajaran yang efektif, serta pengaruh teknologi terhadap pembelajaran. Psikologi pendidikan seringkali juga mengkaji peran guru dalam pembelajaran dan bagaimana guru dapat membantu peserta didik dalam belajar
Psikologi Pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh suatu negara saat ini karena untuk bisa bersaing di zaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi seperti saat ini. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini di butuhkan, karena sebagai modal utama bagi sebuah Negara, yaitu ketika kualitas output pendidikan yg di hasilkan bisa meningkat, maka kualitas sumber daya manusia juga akan membaik kedepannya. Maka salah satu cara untuk meningkatkan output tersebut bisa dengan perkembangan psikologi pendidikan yang harus mengalami perubahan kearah yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun, maka dari itu psikologi pendidikan sebagai bidang studi terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan zaman saat ini.
Beberapa terkait perkembangan dalam psikologi pendidikan saat ini yang perlu diperhatikan diantaranya adalah:
1. Pemanfaatan Teknologi: Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan telah menjadi salah satu hal yang sangat penting saat ini. Teknologi telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan membuka kesempatan bagi orang-orang untuk bisa memperoleh akses terhadap informasi dan sumber daya pendidikan.
2. Pembelajaran Berbasis Kompetensi: Konsep pembelajaran berbasis kompetensi (competency-based learning) ini yaitu memfokuskan pada proses pengembangan keterampilan dan kemampuan praktis peserta didik dalam memecahkan suatu masalah dan cara merespon tuntutan dunia kerja saat ini. Pembelajaran berbasis kompetensi berbeda dengan pendekatan pembelajaran konvensional yang berfokus pada pemahaman teori dan informasi saja untuk peserta didik.
3. Pendidikan Inklusif: Pendidikan inklusif menekankan pada hak setiap individu untuk mendapatkan pendidikan, termasuk peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Pendidikan inklusif bertujuan untuk bisa menciptakan lingkungan belajar yang dapat menampung kebutuhan semua peserta didik tanpa membedakan suku, agama, atau kemampuan fisik dan mental seluruh peserta didik.
4. Pendidikan Karakter: Pendidikan karakter merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika dalam diri peserta didik. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian yang berkualitas dan berakhlak baik bagi seluruh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat terutama bagai seluruh pendidik di Indonesia sehingga kita mampu memahami psikologi Pendidikan ini dengan baik dan tentunya bisa mengetahui dan mengenali peserta didik kita dengan baik secara menyeluruh.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H