Lihat ke Halaman Asli

Efek Samping Jika Berlebihan Mengonsumsi Gula

Diperbarui: 27 September 2019   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: hellosehat

Gula merupakan pemanis makanan atau minuman. Semua orang mengetahui dan sangat menyukai jika salah satu minumannya di campur dengan pemanis gula, enath itu gula merah, gula pasr, maupun gula cair. Namun sudah banyak juga orang yang mengalami dampak dari gula tersebut sehingga gula menjadi sebuah bahan makanan atau minuman yang membuat orang yang mengonsumsi menjadi tidak nyaman.

Tidak semua orang mengalami seperti itu, hanya saja jika gula tersebut akan memberikan efek samping jika dipake secara berlebihan. Gula merupakan sebuah kebutuhan poko, namun jika bisa memanfaat gula dengan baik tanpa berlebihan  maka gula tersebut akan memberikan hasil yang baik pula seperti.

1 . Sumber energi

Ketika kalian sedang melaksakan olahraga atau sedang melaksanakan outbond biasanya untuk menghindari rasa cape atau memulihkan energi nah gula lah menjadi solusi untuk memulihkan energi kembali, walaupun tidak semua energi menjadi seperti semula.

Sebab gula yang dimakan langsung atau melalui makanan dan minum, gula akan menjadi glukosa di dalam tubuh dan akan mengalir dengan darah.

2. Menghemat cadangan protein

Tidak hanya sumber energi gula juga dapat melindungi protein sehingga tubuh akan menggunakan stamina glukosa dan menjadikan protein sebagai cadangan akan tetapi jika glukosa tersebut sudah habis maka terpaksa protein yang akn menggantikannya sedangkan kegunaan protein sangat banyak seperti pertumbuhan tulang dan lainnya.

Untuk mengetahui asupan gula yang aman dalam waktu sehari hari maksimal 50 gram, setara dengan 7 sampai 9 sendok teh. Sebab jika terlalu banyak memakai gula akan mengganggu organ tubuh yang lainnya seperti terjadi kerusakan fungsi hati, penyakit jantung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline