Pemandangan yang cukup sering kita lihat di Indonesia, Ibu-ibu berseragam kotak-kotak berwarna merah putih dan menenteng tas berisikan beberapa pak yakult. Kadang, ada sedikit rasa kasihan melihat ibu-ibu yang terlihat lelah menawarkan dagangan yakult-nya. Tapi ternyata, strategi inilah yang membuat Indonesia menjadi pasar tersuksesnya Yakult!
Dikutip dari akun @belajarlagiHQ di aplikasi twitter, thread mengenai Yakult dan strateginya ini memperoleh banyak atensi. Pasalnya, thread yang ditulis terasa "understanable" dan "relateable" bagi masyarakat Indonesia yang sudah akrab dengan Ibu-ibu berseragam kotak merah putih. Thread yang ditulis Belajarlagi ini mencapai 32,5 ribu suka dan sempat membawa nama Yakult trending pada 10-11 Juni 2022.
Adapun strategi marketing Yakult yang ditulis oleh @Belajarlagi pada 10 Juni 2022 adalah:
- Ikut "srawung" dengan konsumennya
Belajarlagi menjelaskan bahwa keunggulan dari strategi door to door ini membuat penjual dekat dengan konsumen. Akhirnya ikatan emosional dengan onsumen terbangun dan bisa meningkatkan loyalty serta service satisfactionnya. Selain itu, yakult bisa tau apa yang cistomer butuhkan untuk mengimprove produknya.
- Branding "family" Yakult
Pada poin ini, Yakult ingin branding "minuman keluarga" yang kuat pada konsumen. Dan Yakult berharap Yakult Lady bisa memberi edukasi serta direct selling ke setiap keluarga. Dari segi produk bundlenya, Yakult sengaja memberikan 5 pcs per pack yang jumlahnya pas untuk satu keluarga kecil.
- Combine Strategi
Yakult juga aktif ddan memaksimalkan strategi digital. Dari media sosial sampai digital ads. Mereka mengkombinasikan strategi tradisional dan digital agar dapat menjangkau konsumen juga.
Belajarlagi mengungkapkan salah satu contoh keberhasilan Yakult di era sekarang adalah, trend minuman kekinian yang dicampur Yakult membuat salesnya cukup naik.
Pada thread yang dituliskan oleh Belajarlagi, banyak komentar dari netizen yang merasa cukup relate sampai beberapa komentar nyeleneh yang cukup membuat tertawa.
Pada balasan yang diunggah oleh @aarief_budiman, ia mengatakan bahwa keunggulan dari door to door adalah bagaimana membeli Yakult dengan Yakult Lady dirasa lebih menyenangkan, selain membeli yakult ia juga dapat sekalian mengobrol dengan ibu-ibu penjual ini. Di akhir komentar, ia berpendapat bahwa Yakult Lady merupakan suatu langkah pemberdayaan perempuan.