Lihat ke Halaman Asli

Made Lingga Pramana Sutama

Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keoerawatan Universitas Gadjah Mada

Menu Sehat dan Bergizi: Memperkaya Isi Piringan dengan Tanaman Bergizi di SD Kraton

Diperbarui: 28 Mei 2024   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Made Lingga

Pada Senin, 6 Mei 2024, sebuah program edukatif yang berjudul "Menu Sehat dan Bergizi: Memperkaya Isi Piring dengan Tanaman Bergizi" telah dilaksanakan di SD Kraton, Kelurahan Kadipaten oleh mahasiswa KKN PPM UGM Periode I tahun 2024 yang beranggotakan (Lingga, Steven, Nada, Neshia, Dita, Dhifa, Tamara, dan Felicia) dengan Bapak Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M. Agr., Ph.D., IPU. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, Program ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep "Isi Piringku" kepada siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 3, membantu mereka memahami pentingnya makanan bergizi untuk kesehatan tubuh mereka.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari guru-guru SD Kraton, yang menekankan pentingnya edukasi gizi sejak dini. Setelah itu, saya sebagai mahasiswa yang menjalankan program ini, memulai sesi pengenalan tentang "Isi Piringku". Konsep ini menjelaskan komposisi makanan sehat yang ideal dalam satu piring, mencakup karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan.

Para siswa-siswi diajak untuk mengenali berbagai jenis makanan bergizi yang diperlukan oleh tubuh. Melalui metode interaktif, mereka belajar tentang manfaat masing-masing kelompok makanan. Sesi ini menjadi sangat menarik ketika para siswa diajak berpartisipasi aktif. Mereka diminta untuk menyebutkan contoh-contoh makanan dari setiap kelompok yang telah dijelaskan. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan visualisasi menarik berupa leaflet berwarna yang menampilkan gambar makanan sehat dibagikan kepada siswa siswi di ruangan. 

Untuk semakin memperdalam pemahaman mereka, saya juga memberikan penjelasan tentang pentingnya konsumsi air putih dan membatasi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Para siswa diberi kesempatan untuk bertanya, dan banyak dari mereka yang penasaran tentang bagaimana cara memilih makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan-pertanyaan mereka mencerminkan keingintahuan yang besar dan kesadaran akan pentingnya gizi yang baik.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian hadiah kecil bagi siswa-siswa yang paling aktif dan kreatif dalam partisipasi mereka. Melalui program ini, kami berharap dapat menanamkan pemahaman tentang pentingnya makanan sehat sejak usia dini. Edukasi seperti ini diharapkan mampu membentuk kebiasaan makan yang baik, yang akan terbawa hingga mereka dewasa. Akhir kata ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak sekolah, guru-guru, dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline